HEADLINE

Kapal RS Apung PDIP Laksamana Malahayati Tiba di Sumbawa

Kapal Rumah Sakit (RS) Apung Laksamana Malahayati milik PDI Perjuangan tiba dan menyandar di Pelabuhan Badas, Kabupaten Sumbawa, NTB, Rabu (13/12/2023). (Ist)

“GELAR PENGOBATAN GRATIS”

NUSRAMEDIA.COM — Kapal Rumah Sakit (RS) Apung Laksamana Malahayati milik PDI Perjuangan tiba dan menyandar di Pelabuhan Badas, Kabupaten Sumbawa, NTB, Rabu (13/12/2023). Rencananya, kru awak medis akan memberikan pelayanan kesehatan gratis selama 5 hari, dari tanggal 15-19 Desember 2023.

Kedatangan Kapal RS Apung Laksamana Malahayati ini disambut langsung oleh Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sumbawa, Abdul Rafiq bersama puluhan pengurus partai. Kepada wartawan, Rafiq yang juga Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa mengatakan, PDI Perjuangan konsisten memilih jalur pelayanan kepada masyarakat.

Kehadiran Kapal RS Apung Laksamana Malahayati menjadi satu lagi kiprah nyata PDI Perjuangan dalam membantu masyarakat. “Kami sangat menyambut antusias kedatangan Rumah Sakit Apung Laksamana Malahayati di Kabupaten Sumbawa. Tujuannya datang ke sini untuk melaksanakan kegiatan pengobatan gratis di Kabupaten Sumbawa,” ujarnya.

Baca Juga:  Polda NTB Ajak Jaga Kamtibmas Jelang Pilkada 2024

Menurutnya, spirit perjuangan Malahayati yang dinamakan pada rumah sakit terapung ini menjadi inspirasi untuk terus mengobarkan semangat membela dan melayani orang lain. “Sesuai instruksi Ketua Umum PDI Perjuangan Ibu Megawati Soekarnoputri, setiap kader PDIP wajib untuk terus membersamai masyarakat dalam segala situasi,” tegasnya.

“Dan ini merupakan murni misi kemanusiaan tidak ada kaitannya dengan Pilpres maupun Pileg. Nantinya di lokasi pelayanan kesehatan juga tidak ada di pasang bendera partai,” imbuh Abdul Rafiq. Sementara Kepala RS Apung Laksamana Malahayati, dr. Januar Sahat Siahaan menyampaikan, pengobatan gratis yang dilaksanakan dapat diikuti oleh berbagai kalangan usia.

Baca Juga:  Pemda Sumbawa Dorong Program Konservasi SDA

Baik usia anak-anak, muda hingga lansia. “Pengobatan gratis ini, ada tablet, salap, bedak, sirup dan ada juga pengecekan, asam urat, kolestrol, gula dan tensi,” ungkapnya. dr. Januar mengajak masyarakat Sumbawa untuk datang melakukan pemeriksaan kesehatannya. “Pengobatan yang kami lakukan ini gratis, silahkan datang dan kami tunggu untuk melakukan pemeriksaan,” tandasnya.

Untuk diketahui, RS Apung Laksamana Malahayati adalah kapal milik PDIP yang diresmikan oleh Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, pada 10 Juni 2023. Kapal RS tersebut berlayar ke sejumlah pulau di Indonesia untuk membantu masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis.

Baca Juga:  Ketum PP KAMMI Singgung Biaya Pendidikan yang Mahal

Fasilitas rumah sakit di dalam kapal tersebut sudah cukup lengkap. Mulai ruang operasi, perawatan, pengobatan dan berbagai fasilitas lainnya. Sebelum tiba di Kabupaten Sumbawa, RS Apung Malahayati sudah lebih dulu menyinggahi pelabuhan yang ada di Pulau Lombok. Nantinya setelah dari Sumbawa, RS Apung Malahayati akan menuju Kabupaten Dompu, Kabupaten Bima dan Kota Bima. (red)