HEADLINE

Kemenparekraf Gelontorkan Rp24 Miliar Dukung LSM Competition 2023 di NTB

Gelaran Lombok Sumbawa Motocross (LSM) Competition 2023 diharapkan jadi penggerak sekaligus menjaga pertumbuhan ekonomi. (Ist)

NUSRAMEDIA.COM — Gelaran Lombok Sumbawa Motocross (LSM) Competition 2023 diharapkan jadi penggerak sekaligus menjaga pertumbuhan ekonomi yang meneguhkan NTB sebagai kawasan ekonomi khusus super prioritas di Indonesia.

Asisten III Bidang Administrasi dan Umum Setda NTB, H. Wirawan Ahmad menegaskan bahwa, apa yang diikhtiarkan oleh Provinsi NTB dalam menghadirkan berbagai event di daerah adalah upaya menggeliatkan industri pariwisata.

“Inovasi yang dilakukan pemerintah provinsi NTB dalam menyelenggarakan event berskala nasional maupun internasional adalah wujud implementasi meningkatkan geliat industri pariwisata kita,” ujarnya dalam kegiatan peluncuran di Hotel Astoria, Mataram, Selasa (21/11).

Baca Juga:  Johan Rosihan Nilai Pemerintah Gagal Dalam Hal Produksi dan Tata Kelola

Ditambahkan Kepala Dinas Pariwisata NTB, Jamaluddin Malady mengungkapkan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggelontorkan anggaran sebesar Rp24 miliar untuk mendukung gelaran ini.

Menurut dia, gelaran LSM Competition 2023 ini akan terlaksana di Sirkuit Tohpati Mataram mulai tanggal 24 sampai dengan 26 November 2023 mendatang, yang mana rangkaian acaranya telah dimulai sejak 17 November lalu.

Jamaluddin mengungkapkan, NTB sudah pula mempromosikan Motocross Lombok Sumbawa di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya dengan mengundang banyak pecinta motocross datang ke NTB mengikuti touring menjelajahi Lombok dan Sumbawa.

Baca Juga:  Marga Harun Caleg PPP Klaim Raih Suara Tertinggi dari Dapil NTB 6

Harapannya, mereka mengambil foto atau video spot-spot wisata yang dilalui untuk diupload di media sosial masing-masing. Selain itu, ada juga konser musik selama empat hari di eks bandara Selaparang yang dapat dinikmati peserta touring.

Dimana hanya dengan kupon senilai Rp50 ribu yang bisa mereka gunakan untuk belanja di puluhan UMKM yang disediakan panitia penyelenggara. Ditargetkannya, 300 pebalap akan beradu cepat di event motocross ini dan 3000 peserta Touring Sumbawa Community dan Explore Lombok Community.

Motocross Lombok Sumbawa 2023 ini digelar selama 9 hari. Rangkaian acaranya antara lain, E Sport Competition 17-19 November 2023, Touring Sumbawa Comunity 18-19 November 2023, Parade Otomotif 22 November 2023, Explore Lombok Comunity 23-26 November 2023.

Baca Juga:  PKB Indikasikan Kecurangan Tak Hanya Terjadi di Sekotong

Kemudian Motorcross Gress Track 24-26 November 2023, Sasambo Costum Motofest 24-26 November 2023, Sasambo Creative Feat 24-26 November 2023, Sound of Noise 24-26 November 2023, dan Touring Comunity 25-26 November 2023.

Maka dari itu, diharapkan dengan adanya event ini nantinya akan dapat meningkatkan kunjungan wisata. Tahun ini, Pemprov NTB menargetkan 2 juta kunjungan wisatawan dengan catatan terakhir pada bulan Oktober lalu sudah mencapai 1,7 juta pengunjung. (red)