HEADLINE

Prof Din Syamsuddin Blak-blakan Dukung Musyafirin di Pilgub NTB

Prof KH Din Syamsuddin saat bersama Dr. H W Musyafirin di Ruang VIP Bandara Sultan Muhammad Kaharuddin, Sumbawa Besar. (Ist)

NUSRAMEDIA.COM — Prof KH Din Syamsuddin nampak blak-blakan buka suara. Dimana tokoh Muhammadiyah itu nampaknya telah memiliki figur pilihan tersendiri yang didukung sebagai pemimpin Nusa Tenggara Barat (NTB).

Mantan Ketua Umum Muhammadiyah, salah satu Ormas Islam terbesar di Indonesia tersebut tak ragu menyebut nama Bupati Sumbawa Barat dua periode, Dr Ir HW Musyafirin sebagai figur yang didukung untuk maju di Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur (Pilgub) NTB, November 2024 mendatang.

“Saya mendukung Doktor Musyafirin untuk maju ke kepemimpinan Nusa Tenggara Barat. Mungkin yang realistis menjadi calon wakil gubernur,” ungkap Pendiri Pondok Pesantren Modern Dea Malela di Sumbawa itu kepada wartawan usai bertemu dengan HW Musyafirin di Ruang VIP Bandara Sultan Muhammad Kaharuddin, Sumbawa Besar, Rabu 7 Februari 2024 lalu.

Baca Juga:  TGB "Restui" Zul-Rohmi Jilid II Lanjut

Prof Din mengungkap berbagai alasan yang menjadi pertimbangan dirinya mendukung HW Musyafirin. “Saya mengetahui, beliau seorang Bupati yang berintegritas, punya kapasitas dan telah berhasil memimpin KSB hingga dua periode,” ujarnya.

“Beliau punya kapasitas mumpuni untuk menjadi wakil rakyat Tana Samawa (di kepemimpinan NTB),” sambung Prof Din Syamsuddin. Dia juga mengaku yakin peluang Doktor Musyafirin untuk terpilih menjadi pemimpin NTB sangat besar.

Menurutnya, Bupati yang menjadi Wakil Indonesia di Konferensi Tingkat Tinggi Open Government Partnersilhip (KTT OGP) di Estonia Tahun 2023 lalu itu di dukung partai besar yakni PDI Perjuangan.

Baca Juga:  Popularitas A Rahman Abidin Tertinggi Tembus 87,9 Persen, Disusul Feri Sofian 76,8 Persen

Disamping itu juga menjabat sebagai organisasi Islam terbesar di Indonesia (Doktor Musyafirin saat ini masih menjabat sebagai Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama-NU Sumbawa Barat).

“Beliau didukung partai besar (PDIP) dan menjadi Ketua NU, organisasi Islam terbesar di Indonesia. Jadi saya kira peluangnya sangat besar,” imbuhnya. Pertemuan antara Musyafirin dengan Prof Din Syamsuddin di Ruang VIP Bandara Sultan Muhammad Kaharuddin berlangsung santai dan penuh keakraban.

Nama Doktor Musyafirin sendiri sebelumnya mencuat sebagai satu-satunya calon Gubernur/Wakil Gubernur NTB yang akan diusung PDIP, setidaknya dalam dua agenda besar yang dihelat PDIP NTB. Pertama Rapat Koordinasi Daerah DPD PDIP yang dihadiri Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto di Mataram pada 5 November 2023 lalu.

Baca Juga:  Kementerian PUPR Bangun Rusun ASN di Bengkel

Kedua mencuat dalam Rapat Kerja Koordinasi Pemenangan Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) PDIP se-Pulau Sumbawa yang dihadiri Ketua DPD PDI Perjuangan NTB, H Rachmat Hidayat di Sumbawa Besar pada Desember 2023 lalu.