HEADLINE

Puluhan Tenaga Terampil Sumbawa Berangkat Kerja ke Arab Saudi

Sebanyak 30 orang tenaga yang memiliki keterampilan khusus di Kabupaten Sumbawa, pada Rabu (15/5/2024) berangkat ke Arab Saudi untuk bekerja. (Ist)

NUSRAMEDIA.COM — Sebanyak 30 orang tenaga yang memiliki keterampilan khusus di Kabupaten Sumbawa, pada Rabu (15/5/2024) berangkat ke Arab Saudi untuk bekerja. Mereka diberangkatkan oleh PT Timur Jaya Lestari, yang memiliki kantor cabang di Sumbawa.

Keberangkatan puluhan tenaga kerja tersebut dilepas oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Sumbawa, H Varian Bintoro, di halaman kantor setempat. Disaksikan Pimpinan Kantor Cabang PT Timur Jaya Lestari, serta para keluarga dari tenaga kerja yang berangkat.

Ditemui media ini, Kepala Cabang PT Timur Jaya Lestari, Hj Nurrahmi yang diwakili H Zulkarnain menjelaskan, ini merupakan job perdana yang dijalankan oleh pihakny untuk tujuan Arab Saudi. Ada 30 orang tenaga skill yang diberangkatkan untuk gelombang pertama ini.

Baca Juga:  Gerindra Diharapkan Merapat Ikut Dukung Jarot-Budi

Dengan rincian, 20 orang untuk cleaning service (CS) dan 10 orang operator alat berat. “Alhamdulillah untuk job Saudi Arabia ini baru dibuka perdana. Jadi kita ada job CS Rumah Sakit Andalus. Rumah Sakit ternama yang ada di Jeddah. Terus kita ada operator alat berat,” terangnya.

Diungkapkan, semua pekerja yang diberangkatkan tersebut sebelumnya telah mengikuti seleksi pencari kerja. Setelah dinyatakan lulus, baru kemudian dibuatkan kelengkapan dokumen, seperti ID, passpor dan lainnya. “Yang paling penting, mereka harus terdaftar di akun pencari kerja, baru kaluar ID dari Kemenaker. Kantor pusat verifikasi lagi ke Dinas. Ini aturan yang baru,” tutur Haji Zul.

Baca Juga:  Survei LSI Denny JA, Zulkieflimansyah Posisi Teratas

Lebih jauh disampaikan, untuk masa kerja mereka rata-rata kontrak selama dua tahun. Dan itu bisa diperpanjang, tergantung dari masing-masing orang. “Yang sekarang ini CS sama operator. Untuk gelombang kedua mungkin kita berangkatkan barista sama yang bekerja di MCDonald. Saat ini mereka sedang mengikuti training selama satu bulan,” jelasnya.

Sementara, Kepala Disnakertrans Sumbawa H Varian Bintoro mengaku sangat mengapresiasi adanya perusahaan yang memberangkatkan tenaga kerja secara legal ke luar negeri, seperti yang dilakukan PT Timur Jaya Lestari. “Tadi sudah dilakukan pelepasan PMI yang skill, untuk kerja ke Arab Saudi,” tuturnya.

Baca Juga:  Pembelian Lahan Samota Ditegaskan Tak Bakal Sia-Sia

Dijelaskan, saat ini untuk tenaga kerja formal ke Arab Saudi sudah dibuka. Sehingga mereka yang berangkat tersebut, sudah memiliki kerja pasti, sesuai permintaan dari agen yang ada di Arab Saudi. “Semua yang berangkat ini melalui PT Timur Jaya Lestari ini adalah semua yang sudah melalui seleksi oleh agen langsung dari Arab Saudi,” ujarnya.

Pihaknya mengharapkan ada lebih banyak lagi perusahaan lain yang bisa memberangkatkan tenaga kerja ke luar negeri melalui jalur resmi. “Ini baru pertama kali secara resmi pelepasan,” pungkasnya. (red)