KESEHATAN

RSMA Siap Berikan Pelayanan Kesehatan Maksimal di MXGP Samota 2023

Pertemuan Tim Besar Rumah Sakit (RS) dalam rangka menyambut sekaligus menyukseskan gelaran event balap motocross dunia yakni MXGP Samota 2023. (Ist)

NUSRAMEDIA.COM — Mendekati perhelatan kejuaraan dunia motor cross atau MXGP di Sirukit Samota, Kabupaten Sumbawa, NTB pada 23-25 Juni 2023, Pemerintah Daerah terus mematangkan persiapan.

Salah satunya Pemprov NTB melalui Rumah Sakit Manambai Abdulkadir (RSMA) yang akan memberikan pelayanan maksimal bagi kru dan pembalap nantinya.

Direktur RSMA dr. Made Sopan Pradnya Nirartha, M.Biomed., Sp.B melalui Kabid Pelayanan Yahya Ulumuddin, Skep., Ns. M.kes menyampaikan, pihaknya telah membentuk tim dalam rangka MXGP Samota 2023.

Tim tersebut terdiri dari yang berada di ring 1 yaitu berada di medical center dan area sirkuit, diantaranya dokter spesialis bedah 1 orang , dokter umum 4 orang dan perawat 35 orang.

“Petugas yang berada di ring satu (1) ini juga kami menambah profesi penanggungjawab alat kesehatan 1 orang,” kata Yahya yang juga Ketua Tim MXGP RSMA, Selasa (6/6).

“Karena beberapa alat kesehatan yang dibutuhkan di medical center berasal dari Rumah Sakit Manambai Abdulkadir,” sambungnya.

Diterangkanya, RSMA yang menjadi rumah sakit rujukan untuk para pembalap juga telah menyiapkan fasilitas sarana dan prasarana. Seperti mini ICU dan IGD.

Bahkan ruang rawat yang sudah dikonsep menjadi satu lokasi. Menurutnya, dengan konsep tersebut dapat memudahkan pelayanan.

Selain itu, pihaknya membentuk Tim Medis Intra Hospital yang terdiri dari berbagai profesi, terdiri dari dokter spesialis ortopedi, rehab medik, bedah, radiologi, spesialis patologiklinik, dan spesialis lainnya.

Termasuk perawat terlatih kompetensi penanganan emergensi sesuai kebutuhan dan standar pelayanan medical MXGP.

“Jadi kami RS Manambai Abdulkadir terus secara intens menyiapkan diri sebagai sebagai tim kesehatan (Timkes) baik di sirkuit maupun sebagai rumah sakit rujukan yang sudah dinilai atau di supervisi oleh Dorna,” terangnya.

Dalam mematangkan persiapan, ungkap Yahya, pihaknya rutin melaksanakan pertemuan internal dan pertemuan bersama sejumlah pihak terkait.

Termasuk pertemuan Tim besar rumah sakit, bersamaan peningkatan kompetensi petugas. “Tetap intens kami lakukan,” kata dia.

“Termasuk hari ini ada pertemuan Tim besar RS sekalian peningkatan kompentesi petugas. Harapannya, petugas-petugas ini benar-benar siap nantinya saat gelaran MXGP Samota,” pungkasnya. (red)