HEADLINE

Taklukkan Medan Menantang, Andy Wibowo Juarai Ironman 70.3 Lombok

123
Keterangan Foto : Mulai dari kiri kedua Andy Wibowo berfoto dengan Kepala Dinas Pariwisata NTB, Yusron Hadi (kedua dari kiri). (Ist)

NUSRAMEDIA.COM — Peserta asal Indonesia sekaligus atlet Nasional Andy Wibowo menjadi finisher pertama dalam ajang Ironman 70.3 Lombok. Dia berhasil menyelesaikan tiga etape triathlon dalam waktu kurang dari lima jam. Andy Wibowo menjadi yang tercepat pada tiga cabang olahraga sekaligus.

Mulai dari renang 1.9 kilometer, lalu dilanjutkan dengan bersepeda sejauh 90,1 kilometer dan diakhiri dengan berlari sejauh 21,1 kilometer. Andy Wibowo menyampaikan perasaannya usai mengikuti kejuaraan ini. Menurut dia, medan yang ditempuh selama mengikuti Ironman Lombok cukup menantang.

Baca Juga:  Johan Rosihan Siap Dukung Komoditas Lokal di Pulau Sumbawa

Ditambah lagi rute di daerah Senggigi, Lombok Barat dinilainya cukup menguras energi. Ini dikarenakan, rutenya sangat menanjak. “Tapi saya sangat bangga, karena event Ironman 70.3 Lombok ini, pertama kali di organize oleh event organizer dari Indonesia dan bisa berjalan dengan sukses,” katanya.

Sekedar informasi, untuk kategori putri peserta pertama yang berhasil finish yaitu atas nama Inge Prasetyo yang juga berasal dari Indonesia. Sebelum menggeluti triathlon, Andy dikenal sebagai atlet nasional renang dengan spesialisasi gaya kupu-kupu.

Baca Juga:  Ekadana Ajak Berantas Mafia Tanah

Berbekal medali perunggu dan limit waktu B di SEA Games 2003 Hanoi, Vietnam, ia mengantongi tiket Olimpiade 2004 yang berlangsung di Athena, Yunani. Setelah mundur dari renang, pria kelahiran 6 Juni 1980 tersebut mengenal triathlon diajak oleh seorang rekannya untuk ikut ambil bagian dalam nomor estafet sebagai perenang 2009 silam.

Sejak itu, Andy Wibowo pun beralih menjadi triatlet dan mulai fokus di kategori individu pada 2012. Untuk diketahui pula, 406 atlet terdiri dari 156 atlet asing dari 33 negara mengikuti kejuaraan ini. Sebelumnya, Gubernur Nusa Tenggara Barat Zulkieflimansyah telah melepas secara resmi para atlet Triathlon Ironman 70.3 Lombok dari Holiday Resort, Senggigi. (red) 

Baca Juga:  Persiapan Porprov XI/NTB 2023 Terus Dimatangkan
Artikel sebelumyaJOHAN ROSIHAN : SELAMAT MEMPERINGATI MAULID NABI MUHAMMAD SAW
Artikel berikutnyaPara Anak Mitra Berprestasi di Mataram dapat Beasiswa Grab : “Terimakasih Grab dan BenihBaik”