PARIWISATA

BPPD Terus Berikhtiar Tingkatkan Kunjungan Wisatawan ke NTB

186
Ketua BPPD NTB Baiq Ika Wahyu Wardhani (kanan), Kepala Dinas Kominfotik NTB Baiq Nelly Yuniarti (tengah) dan Anggota BPPD NTB Ari Garmono (kiri) saat konferensi pers di Kantor Dinas Kominfotik NTB. (Ist)

NUSRAMEDIA.COM — Pemerintah Provinsi (Pemprov) melalui Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Nusa Tenggara Barat nampaknya terus berikhtiar meningkatkan kunjungan wisatawan luar maupun dalam negeri ke NTB.

Salah satu upaya nyata yang dilakukan BPPD NTB, yaitu menggelar Sales Mission : “Road to WSBK 2022” disejumlah kota. Yakni meliputi Jakarta, Bandung, Yogyakarta dan Surabaya pada 10-16 Oktober 2022 lalu.

“Ini merupakan salah satu ikhtiar BPPD dalam meningkatkan kunjungan wisatawan, baik itu dari luar maupun dalam negeri untuk datang ke NTB,” ungkap Ketua BPPD NTB Baiq Ika Wahyu Wardhani di Mataram.

Menurut dia, kegiatan yang diikuti 35 seller itu juga berkolaborasi dan bersinergi dengan HSMA (Hotel Sales and Marketing Association) NTB. Dimana berhasil membuka transaksi sebesar Rp 5 miliar lebih.

Tak hanya itu, sambungnya, 850 pax dipastikan akan menonton World Superbike yang rencananya berlangsung 11-13 Nobember mendatang di Sirkuit Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah.

“Dengan diadakannya sales mission tersebut, BPPD NTB berhasil menggaet para wisatawan melalui promo paket wisata dengan menjadikan WSBK sebagai daya tarik,” kata Baiq Ika Wahyu Wardhani.

“Promosi yang dilakukan tak hanya terkait akomodasi saja, melainkan seluruh hal terkait pariwisata seperti transportasi hingga atraksi. Selain mempromosikan WSBK, kita juga menjual amenitas, atraksi dan paket-paket traveling termasuk semua potensi kita disektor pariwisata,” imbuhnya.

Sementara itu, anggota BPPD NTB Ari Garmono menjelaskan, bahwa dipilihnya empat kota tersebut untuk giat sales mission, lantaran kota itu memiliki ketertarikan terhadap dunia otomotif yang cukup tinggi.

Kemudian, masih kata mantan Ketua BPPD NTB tersebut, berdasarkan survei jumlah penonton WSBK 2021, penonton terbanyak datang dari kota-kota tersebut. “Dari empat kota ini, Bandung menjadi buyer yang paling tinggi dengan nilai transaksi Rp 2 miliar,” ungkapnya.

Lebih jauh disampaikannya, sales mission yang digelar itu merupakan yang pertama dilakukan BPPD NTB dalam mempromosikan WSBK. Perhelatan WSBK dikemas dalam konsep Lombok Sumbawa Fair. “Dimana akan menghadirkan berbagai event seperti budaya, musik, kuliner, UMKM dan lainnya,” demikian Ari Garmono. (red) 

Artikel sebelumyaPKS Tegaskan Tak Mau Terburu-buru
Artikel berikutnyaJuru Bicara Perindo NTB : “TGB adalah Teman Ganjar Berikhtiar”