PARIWISATA

Kolaborasi Baru Kembalikan Kejayaan Pariwisata Senggigi, Mangsit dan Sekitarnya

Sudamala Resorts Senggigi bekerjasama dengan Blue Water Express dan A&T Holidays mengundang 10 Destination Management Company (DMC) ternama berbasis di Bali. (Ist)

NUSRAMEDIA.COM — Sudamala Resorts Senggigi bekerjasama dengan Blue Water Express dan A&T Holidays mengundang 10 Destination Management Company (DMC) ternama berbasis di Bali.

Ini untuk berpartisipasi dalam program Fam Trip ‘Indonesian Odyssey’, bertema Discovering Lombok With Sudamala, yang mama bertujuan menghidupkan kembali pariwisata senggigi, khususnya kawasan mangsit.

Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari dan diikuti oleh 20 peserta yang terdiri dari perwakilan dari Travel Agency, Wedding Organizer, Media, dan Destination Management Company (DMC).

Dimana ini merupakan program wisata lintas pulau atau Isle Odyssey. Kegiatan ini dimulai dari Bali pada tanggal 28 Oktober. Semua peserta yang merupakan product manager dari tiap DMC diangkut menggunakan kapal cepat Blue Water Express menuju Pelabuhan Bangsal, Lombok.

Adapun alasan pemilihan jalur laut ditujukan untuk memperkenalkan kemudahan akses transportasi laut yang tersedia menggunakan Fast boat dari Bali menuju Lombok. Kemudian berkendara singkat menuju kawasan Senggigi, Mangsit dan sekitarnya.

I Wayan Suwastana selaku Commercial Director Sudamala Resorts Group, menjelaskan bahwa, peran Fast Boat sangat penting dalam meningkatkan kunjungan tamu dikawasan senggigi dan sekitarnya.

“Khusus untuk area Senggigi dan sekitarnya, cara paling efektif untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan adalah dengan mengoptimalkan peran Fast Boat,” katanya, Senin (30/10/2023) kemarin.

“Sebagai sarana transportasi utama bagi wisatawan yang datang dari Bali menuju Lombok, serta merancang perjalanan yang menarik bagi mereka,” sambung I Wayan Suwastana.

Menurut dia, kehadiran para product manager dari 10 DMC ini merupakan simulasi tentang bagaimana program Indonesian Odyssey akan diterapkan kepada para tamu di masa mendatang.

Untuk memberikan kesan yang baik kepada para peserta, pihak hotel menyambut mereka dengan pertunjukan musik tradisional Gendang Beleq khas Pulau Lombok sebelum mereka melanjutkan untuk menikmati berbagai fasilitas mewah yang disediakan oleh Sudamala Resort Senggigi, Lombok.

Pada hari kedua, peserta mengikuti program inland tour yang telah disiapkan oleh A&T Holidays yakni sebuah perusahaan penyedia jasa tour ternama di Pulau Lombok. Kegiatan tour dimulai dari Hotel menuju sejumlah destinasi di Kabupaten Lombok Utara.

Yakni dengan rangkaian kegiatan mencakup; Monkey Feedings di Pusuk Monkey Forest, Panorama Tour di Desa Adat Senaru dengan tujuan untuk memperkenalkan Desa Adat Senaru sebagai salah satu Destinasi Wisata Pilihan di Lombok Utara.

Kemudian berlanjut menuju ke air terjun Sendang Gile dan Tiu Kelep yang keduanya merupakan air terjun paling terkenal di Pulau Lombok. Dalam perjalanan pulang menuju Hotel, para peserta terlebih dahulu diajak singgah di Vihara Jinapanjara di Dusun Bentek, Kecamatan Gangga.

Vihara ini merupakan vihara terbesar di Pulau Lombok yang baru diresmikan beberapa bulan lalu. Pemilihan destinasi tersebut bertujuan untuk memperkenalkan keragaman tradisi dan budaya di Lombok.

Termasuk keberadaan komunitas Buddha yang tersebar di berbagai tempat di Kabupaten Lombok Utara. Selanjutnya, peserta diajak menikmati Sunset di bukit Malimbu sebelum akhirnya kembali ke Hotel untuk makan malam.

Dimana makan malam itu sambil menikmati berbagai pertunjukan seni dan budaya seperti Gamelan Sasak, Tari Mandalika, Tari Gandrung, dan Peresean. Hari ketiga, semua peserta diajak untuk sunrise trekking ke Bukit Mangsit yang berada tepat di seberang Sudamala Senggigi Resort.

Kemudian setelah sarapan dilanjutkan dengan mengunjungi Desa Bengkaung untuk melihat proses pembuatan Gula Aren dan pengenalan dengan kehidupan sehari hari masyarakat setempat.

Sebagai penutup, para peserta menikmati makan siang bersama di Olah Olah Restaurant milik Sudamala Resort Senggigi sebelum akhirnya di drop ke pelabuhan Bangsal untuk kembali ke Bali.

Semua kegiatan tersebut disusun oleh Sudamala Resorts, Blue Water Express, dan A&T Holidays sebagai bentuk komitmen bersama mereka untuk memperkenalkan tidak hanya kemudahan akses transportasi, kenyamanan menginap di resort mewah, dan keindahan alam Pulau Lombok semata, tetapi juga untuk memperkenalkan keragaman budaya, adat, dan tradisi suku Sasak.

Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan pemahaman dan wawasan yang lebih mendalam kepada para Product Manager dari masing-masing DMC terkait beragam produk wisata yang dimiliki oleh Lombok untuk mereka tawarkan kepada para tamu mereka.

Kegiatan wisata lintas pulau ini memberikan kesempatan kepada perwakilan DMC dari Pacto DMC, Asian Trails, Happy Trails, Bams Tour, Exo Tour, Riviera dan beberapa DMC lainnya untuk secara langsung melihat dan mempelajari produk wisata Lombok.

Dimana yang mencakup keindahan alam, ketersediaan akses dan fasilitas, keragaman seni dan budaya, serta keunikan tata cara kehidupan masyarakat setempat. Kolaborasi ini diharapkan mampu mengembalikan kejayaan pariwisata di Mangsit, Senggigi, dan sekitarnya. (red)