PENDIDIKAN

Bawa Kemajuan Pendidikan NTB, SMKN 1 Plampang : “Terimakasih Zul-Rohmi”

Keluarga Besar SMK Negeri 1 Plampang, Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat. (Foto/Istimewa)

NUSRAMEDIA.COM — Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Dr. H. Zulkieflimansyah dan Wakil Gubernur Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah dinilai berhasil memajukan pendidikan NTB di masa kepemimpinannya sejak 2018 hingga 2023 ini.

Demikian disampaikan Kepala SMK Negeri 1 Plampang, H. Sutono, SE., MM. Innov kepada wartawan, Jum’at (15/9/23). Dikatakan, melalui Program NTB Gemilang, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) NTB telah mengimplementasikan program pendidikan unggulan yang dicanangkan Bang Zul dan Umi Rohmi.

“Dinas Dikbud NTB melalui Bidang Pembinaan SMK dengan 11 program SMK gemilang karya telah membawa perubahan yang sangat signifikan pada SMK se-NTB khususnya SMKN 1 Plampang,” ujar Sutono.

Baca Juga:  Jalur Prestasi "Dinolkan" Untuk PPDB 2024

Diungkapkannya, sejumlah bukti nyata yang dirasakan di SMKN 1 Plampang selama 5 tahun kepemimpinan Zul-Rohmi yakni adanya peningkatan kualitas dan kuantitas fasilitas yang mendukung proses belajar. Seperti penambahan ruang praktik siswa jurusan APHPI beserta peralatan yang mumpuni, sehingga dapat mencetak lulusan yang siap terjun di dunia usaha dan dunia industri.

Selain itu, mendatangkan guru tamu serta adanya budaya guru dan murid juga menjadi bukti nyata keberhasilan 11 program SMK gemilang karya sehingga dapat merubah mindset untuk sekolah kejuruan.

Baca Juga:  Jalur Prestasi "Dinolkan" Untuk PPDB 2024

“Kami sangat bersyukur karena sarana prasarana sebagai penunjang pendidikan di SMKN 1 Plampang saat ini telah mengalami peningkatan baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Demikian pula dengan peningkatan kualitas SDM tenaga pendidik dan tenaga kependidikan sangat dirasakan,” jelasnya.

Atas dukungan dan bantuan dari Pemprov NTB tersebut pun telah berhasil membuat SMKN 1 Plampang meraih prestasi juara di sejumlah kompetisi, diantaranya beberapa kali mewakili NTB untuk welding ke tingkat nasional. Termasuk, SMKN 1 Plampang juga telah menjalin kerjasama dengan lebih dari 20 dunia usaha dan dunia industri sebagai wadah peningkatan kualitas SDM baik untuk guru maupun siswa.

Baca Juga:  Jalur Prestasi "Dinolkan" Untuk PPDB 2024

“Prestasi yang diraih oleh SMKN 1 Plampang ini tidak lepas dari dukungan Pemprov NTB, khususnya program NTB Gemilang Zul-Rohmi. Sehingga saat ini kami berhasil mencetak generasi yang siap berwirausaha dan siap bekerja,” ungkap Sutono.

“Di akhir kepemimpinan Zul-Rohmi sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur NTB rasa sedih dan bahagia bercampur aduk. Kami seluruh keluarga SMKN 1 Plampang mengucapkan terimakasih atas dedikasinya untuk Nusa Tenggara Barat,” tandasnya. (red)