SOSMAS

Cegah Bencana di Musim Penghujan, Kodim Sumbawa Lakukan Penghijauan Program KSAD

Kodim 1607 Sumbawa melaksanakan penghijauan di Kawasan Hutan Barabatu, Desa Serading, Kecamatan Moyo Hilir, Sabtu (09/12/2023). (Ist)

NUSRAMEDIA.COM — Kodim 1607 Sumbawa melaksanakan penghijauan di Kawasan Hutan Barabatu, Desa Serading, Kecamatan Moyo Hilir, Sabtu (09/12/2023) pagi. Dalam kegiatan ini juga melibatkan sejumlah pihak, diantaranya Polres Sumbawa, KPH Batu Lanteh, Komunitas Bruga Nijang, serta sejumlah dinas dan instansi di Kabupaten Sumbawa.

“Jadi hari ini kita melaksanakan penghijauan di Daerah Moyo Hilir,” kata Dandim 1607/Sumbawa Letkol Czi Eko Cahyo Setiawan, S.E.,M.Han., usai kegiatan. Dikatakan, penghijauan dilakukan sebagai realisasi program Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) yakni pembersihan sungai, pembersihan pasar, dan penghijauan.

Baca Juga:  Zamroni Aziz : "Wartawan Itu Pendakwah"

“Memang kegiatan ini merupakan realisasi dari program KSAD. Hal ini beliau perintahkan dalam rangka mencegah adanya bencana alam banjir dan timbulnya penyakit saat musim hujan,” jelasnya. Untuk kegiatan kali ini lanjutnya, pihaknya melibatkan, Polres Sumbawa, Pemda, UPBU Bandara Sumbawa, Kejaksaan, dan masyarakat.

Disebutkan Dandim, ada sekitar 650 bibit pohon terdiri dari Ketapang, Mahoni, Kelengkeng, dan Alpukat yang akan ditanam. Untuk hari ini, sudah dilakukan penanaman sebanyak 110 pohon. “Untuk hari ini kami memiliki bibit 650 dan baru di tanam 110. Ini merupakan awal penanaman, setelah ini dilanjutkan oleh koramil akan terkaper sekitar 30 hekter lahan milik negara,” terangnya.

Baca Juga:  DP2KBP3A Sumbawa Gelar Sosialisasi

Kedepan, bibit yang telah ditanam ini akan diawasi secara berkala. Hal ini dilakukan untuk memastikan bibit tumbuh dengan baik. “Ke depan akan tetap kita awasi, artinya merupan demplot bersama dari TNI, Polri, Pemda dan masyarakat. Harapannya masyarakat yang ada di sekitaran demplot dapat ikut menjaga yang kita tanam hari ini,” pungkasnya. (red)