SOSMAS

Gelar Sosialisasi 4 Pilar MPR, HMS Dapat Dukungan Positif dari Para Mantan PMI Sumbawa

Dr. H. Muhammad Syafrudin (HMS) kembali menggelar Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan MPR RI. Kali ini bersama para mantan Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Kabupaten Sumbawa. (Ist)

NUSRAMEDIA.COM — Dr. H. Muhammad Syafrudin (HMS) kembali menggelar Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan MPR RI. Kali ini bersama para mantan Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Kabupaten Sumbawa.

Sosialisasi itu berlangsung di Gedung Wanita Sumbawa beberapa hari lalu. Hadir sekitar 150 peserta mengikuti sosialisasi tersebut. HMS-Anggota Badan Sosialisasi MPR RI menguraikan beberapa hal.

Pertama soal Pancasila, Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, Bhineka Tunggal Ika serta Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Politisi PAN itu menjelaskan, sosialisasi dapat menambah wawasan.

Dimana dapat memahami tentang ideologi Pancasila, UUD, Bhineka Tunggal Ika dan cinta NKRI. Diharapkan jiwa patriotisme dan nasionalisme dapat tertanam kuat kepada para mantan PMI di Sumbawa.

Baca Juga:  LPK Harus Jalin Kerjasama dengan Perusahaan

“Untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa adalah kita harus rukun, saling menghargai kepada sesama,” terang amggota Komisi IV DPR RI Dapil NTB 1 Pulau Sumbawa tersebut.

“Sebagai purna PMI tentu harus memiliki wawasan yang bagus terutama tentang agama dan 4 pilar kebangsaan jangan sampai negara kita berpecah belah,” harap pria yang juga kerap disapa Rudhy Mbojo itu.

“Karna untuk menjaga keutuhan bangsa perlu informasi yang bisa dipertanggung jawabkan (jangan Hoax),” sambung anggota DPR RI tiga periode tersebut.

Baca Juga:  Rannya dan HBK Peduli Serahkan Hewan Kurban untuk Masyarakat Pulau Lombok

Koordinator Purna PMI Sumbawa, Hj Siti Aminah Mawadah menyampaikan terimakasih dan apresiasi terhadap HMS. Ini lantaran tengah mau bersilaturahim dengan Purna PMI Sumbawa.

Menurut dia, apa yang dilakukan HMS ini merupakan salah satu bentuk kepedulian akan keberagaman etnis di Sumbawa sekaligus kepedulian terhadap Purna PMI Sumbawa.

“Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan MPR RI sungguh sangat luar biasa, sehingga ibu-ibu mantan pekerja migran ini bisa bertemu langsung dengan anggota DPR RI Fraksi PAN ini (HMS),” ujarnya.

“Ada diskusi sungguh sangat menginovasi kepada ibu-ibu untuk membangkitkan keinginan mereka bergerak kedepan tentang NKRI,” sambungnya, Senin (27/11/2023).

Baca Juga:  Disnakeswan Sumbawa Terjunkan 200 Petugas Pemeriksaan Hewan

Dikesempatan itu pula, ia menyampaikan harapan para mantan PMI, yang mana diharapkan keluarga besar Purna PMI Sumbawa terutama dari kalangan ibu-ibu itu bisa mendapatkan modal bantuan usaha.

“Karena mereka ada juga yang UMKM, pedagang keliling, petani, semuanya lengkap. Karena jauh sebelum pendampingan dipemberdayaan mereka,” ungkapnya.

Menurut Hajjah Siti Aminah, kegiatan ini sangat positif. HMS pun dinilai sangat dekat dengan masyarakat. “Tentu Pulau Sumbawa tidak rugi memiliki wakil rakyat yang merakyat, maka perlu kita dukung agar HMS berlanjut ke empat periode,” tutupnya. (red)