SOSMAS

HMS Gelar Bimtek Bioflok Bagi Pokdakan di Ropang

Anggota Komisi IV DPR RI dari Dapil NTB 1 Pulau Sumbawa, Dr. H. Muhammad Syafrudin (HMS) menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Budidaya Ikan dengan sistem Bioflok. (Ist)

NUSRAMEDIA.COM — Anggota Komisi IV DPR RI dari Dapil NTB 1 Pulau Sumbawa, Dr. H. Muhammad Syafrudin (HMS) menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Budidaya Ikan dengan sistem Bioflok.

Bimtek Bioflok ini dikuti oleh Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) di Kecamatan Ropang, Kabupaten Sumbawa. Dikatakannya, budidaya ikan dengan sistem bioflok adalah sistem budidaya yang sangat efektif.

Bioflok memiliki kelebihan, yaitu proses budidaya yang hemat lahan dan air sehingga cocok dikembangkan di perkotaan atau daerah padat penduduk seperti di pulau Sumbawa.

“Sejak bertugas di Komisi IV, saya telah memberikan banyak bantuan bioflok di Pulau Sumbawa. Mulai dari Kabupaten Sumbawa Barat,Kabupaten Sumbawa, Kabupaten Dompu hingga sampai Kota Bima,” katanya, Senin (22/01/2024).

Baca Juga:  Bupati Sumbawa Serahkan Santunan JKK

Dijelaskan HMS, pada tahun 2022 lalu ia menyalurkan paket bioflok ikan lele. Bantuan ikan lele dengan sistem bioflok memiliki nilai hampir Rp200 juta perpaket. Bantuan berisikan pembangunan kolam, benih, dan pakan.

“Karena itu, berbagai jenis sistem pengembangan ikan lele sangat dibutuhkan, termasuk budidaya dengan sistem bioflok. Sehingga perekonomian masyarakat dapat meningkat apabila tata kelola ikan lele dilakukan dengan baik,” jelasnya.

Sementara itu, Bambang Suriadi selaku Ketua Pokdakan Batu Batang, Dusun Ropang B Desa Ropang, Kecamatan Ropang, Kabupaten Sumbawa menyampaikan, bahwa pihaknya bersama 3 kelompok pembudidaya ikan lainnya siap menerima program Bioflok tersebut.

Baca Juga:  Satpol PP Deteksi Pelanggaran Ketertiban Umum

“Terimakasih kepada Dr. H. Muhammad Syafrudin ST. MM yang akan memberikan program bioflok kepada kelompok masyarakat Desa Ropang,” ucapnya.

“Dan Alhamdulillah saat ini sudah ada 3 klompok yang sudah siap untuk ikut program tersebut,hanya masih dalam proses pembuatan AKTA kelompok,” sambung Bambang.

Dia mengaku pihaknya sangat tertarikan dengan program bioflok yang ditawarkan HMS. “Insya Allah, satu minggu lagi kegiatan tanam padi sawah selesai,” katanya.

“Kami semua akan turun ke Sumbawa untuk menyelesaikan apa yang menjadi syarat untuk ikut dalam program Bioflok tersebut,” imbuhnya lagi.

Baca Juga:  Sambut 1 Muharram, Diskominfotik NTB Gelar Pengajian Bersama

Diungkapkan, adapun tiga kelompok yang siap untuk menerima bimtek tersebut. Antara lainnya Pokdakan Batu Batang-Ketua Bambang Suriadi.

Kemudian Pokdakan Klabis yang diketuai oleh Syafrudin dan Pokdakan Ai Didil diketuai oleh Alwan Wijaya. Ia berharap dengan adanya bioflok, kedepan akan dapat membantu ekonomi masyarakat di Ropang. (red)