PEMERINTAHAN

Haji Mo’ Ungkap Program Unggulan Daerah di HUT Sumbawa Ke-65

Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah bersama Wakil Bupati Sumbawa, Hj Dewi Noviany diacara HUT Kabupaten Sumbawa ke-65. (Ist)

NUSRAMEDIA.COM — Dalam upacara peringatan HUT Kabupaten Sumbawa ke 65, pada Senin (22/1/2024), Bupati Sumbawa H Mahmud Abdullah atau kerap disapa dengan panggilan Haji Mo’ mengungkapkan beberapa program unggulan daerah. Baik dibidang kesehatan, pertanian, umkm, serta lainnya.

Diungkapkan, perhatian pemerintah terhadap nasib GTT, PTT, Guru PAUD dan tenaga kesehatan telah terimplementasi melalui pembayaran insentif. Selama tahun 2023, Pemda telah mengalokasikan dana insentif untuk 1.738 GTT, 2.383 PTT, dan 900 tenaga kesehatan, termasuk insentif bagi guru ngaji, petugas rumah ibadah, RT/RW, linmas dan petugas posyandu.

Baca Juga:  Dislutkan Sumbawa Ajak Masyarakat Cegah Destructive Fishing

Selain itu, selama tahun 2023, Pemkab Sumbawa melalui BPJS Ketenagakerjaan juga telah memberikan perlindungan kepada 4.655 tenaga non ASN, dan sejak bulan Desember 2023 sampai dengan Februari 2024 kepada 4.019 pekerja rentan.

“Program ini merupakan bentuk kepedulian Pemerintah Kabupaten Sumbawa terhadap para pekerja informal yang rentan akan resiko sosial berupa kecelakaan kerja dan resiko meninggal dunia,” terangnya. Selanjutnya, peningkatan kualitas kesehatan dan pengadaan ambulance desa dan puskesmas, juga terus diikhtiarkan secara bertahap.

Baca Juga:  Pemda Sumbawa Dorong Program Konservasi SDA

Sejak tahun 2021 hingga 2023 telah direalisasikan sebanyak 15 unit mobil ambulance desa dan 1 unit mobil satgas covid. Pemkab Sumbawa juga terus memacu program-program unggulan daerah lainnya di bidang pertanian, perikanan dan peternakan, termasuk mendorong kemandirian UMKM, membuka lapangan kerja melalui program pelatihan dan sertifikasi gratis.

Kemudian mengembangkan pariwisata sejarah dan budaya Sumbawa, meningkatkan layanan air bersih melalui pembangunan baru spam jaringan perpipaan dan rehabilitasi spal dengan alokasi anggaran sebesar Rp.47,3 milyar pada tahun 2023, serta memantapkan infrastruktur wilayah melalui pembangunan jalan, jembatan dan irigasi. Dalam memantapkan pembangunan infrastruktur wilayah ini, Pemkab Sumbawa telah mengalokasikan total anggaran sebesar Rp.148,2 milyar sejak tahun 2021 hingga tahun 2023.

Baca Juga:  Sumbawa Usulkan 14.700 Hektare Cetak Sawah Baru 2025

“Tentunya program-program unggulan diberbagai sektor ini menjadi cara pembuktian kami dalam ikhtiar membangun yang progresif, menapaki langkah pertama untuk perjalanan panjang membangun mimpi besar, yang kita kemas bersama dalam visi besar Sumbawa Gemilang yang Berkeadaban,” pungkasnya. (red)