SOSMAS

Orang Tua Didorong Perkuat Pengawasan dan Pemenuhan Hak Anak

Penjabat (Pj) Ketua TP-PKK Provinsi Nusa Tenggara Barat, Hj Lale Prayatni Gita Ariadi. (Ist)

NUSRAMEDIA.COM — Penjabat (Pj) Ketua TP-PKK Provinsi Nusa Tenggara Barat, Hj Lale Prayatni Gita Ariadi mendorong para orang tua untuk memperkuat pengawasan terhadap pergaulan anak dan pemenuhan hak anak dalam pendidikan sesuai tumbuh kembang.

Hal itu diungkapkan Bunda Lale sapaan akrabnya saat Menjadi Narasumber Pada Kegiatan “Sosialisasi Pemenuhan Hak Anak Dalam Pendidikan Sesuai Tumbuh Kembang” bagi DWP Kabupaten Kota se-NTB secara virtual di Sekretariat DWP Provinsi NTB, Selasa (07/05/2024).

Bunda Lale menjelaskan pengawasan dan pemenuhan hak anak dalam pendidikan menjadi faktor penting untuk membentengi anak-anak dari pergaulan dan perilaku kriminal yang banyak menimpa anak-anak Seperti kasus pelecehan, narkoba, pembunuhan, pemerkosaan dan banyak lagi kasus-kasus yang menjadikan anak-anak sebagai korban.

Baca Juga:  Rannya dan HBK Peduli Serahkan Hewan Kurban untuk Masyarakat Pulau Lombok

“Tantangan kita sebagai orang tua saat ini semakin berat. Untuk itu, pengawasan dan pola asuh yang baik akan membentuk karakter anak-anak yang baik dan terhindar dari segala bentuk perilaku kriminal,” tegas Bunda Lale dihadapan puluhan pengurus DWP kabupaten kota secara virtual.

Bunda Lale juga menyampaikan tips dalam mengawasi tumbuh kembang anak seperti memberikan nutrisi yang cukup atau makanan bergizi akan memberikan tumbuh kembang anak yang bagus dan cerdas, memberikan stimulan terhadap kemampuan motorik terhadap anak, meningkatkan interaksi sosial dengan orang lain dan menjaga lingkungan yang sehat dan aman.

Baca Juga:  Pemprov NTB Dorong Bentuk Satgas Pencegahan Perkawinan Anak

Sementara itu, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi NTB, Sheema Ibnu Salim menjelaskan bahwa kegiatan ini untuk membantu percepatan program pemerintah dan mendorong pengetahuan lebih dalam kepada seluruh anggota DWP di NTB agar mampu mengedukasi masyarakat dalam pemenuhan hak anak baik pendidikan dan kesehatan.

“Kita harap semua anggota DWP menjadi pelopor bagi tumbuh kembang anak di NTB,” ungkapnya. Dalam kegiatan tersebut, turut dihadiri oleh narasumber lain diantaranya kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3PA2KB) Provinsi NTB Dra. Nunung Triningsih, perwakilan narasumber dari LPA dan puluhan anggota dan pengurus DWP Provinsi NTB. (*/Adv)

Baca Juga:  Wabup Sumbawa Optimis Angka Stunting Turun di 2024