ADVERTORIAL

Bang Zul Sebut Industrialisasi Besar Ada di KSB

Roadshow titik pertama di Kabupaten Sumbawa Barat, Gubernur NTB Dr H Zulkieflimansyang (kiri) bersama Bupati KSB H W Musyafirin (kanan)

NUSRAMEDIA.COM — Gubernur Nusa Tenggara Barat, Zulkieflimansyah melakukan roadshow di Pulau Sumbawa. Roadshow diawali tepatnya di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB). Roadshow pertama ini diawali dengan tema Industrialisasi, yaitu tepatnya di Sentra IKM Poto Tano, Sumbawa Barat pada Kamis 4 Agustus 2022 kemarin. Gubernur menilai, KSB adalah daerah yang paling memungkinkan melaksanakan Industrialisasi terlebih dahulu. Mengingat ada PT AMNT yang siap mendukung penguatan pelaku usaha.

“Khusus KSB, kita punya ekspektasi yang lebih. Karena industrialisasi besar ada disini (Sumbawa Barat),” kata orang nomor satu di NTB tersebut. Dikesempatan ini, Gubernur Zul juga didampingi oleh sang istri Niken Saptarini Widyawati. Hadir pula, Bupati Sumbawa Barat, Musyafirin. Menurut Bang Zul kerap pula Gubernur NTB disapa, dibutuhkan kepiawaian Bupati KSB untuk memaksa PT AMNT terlibat dalam proses Industrialisasi secara langsung maupun tidak langsung.

Karena dalam dunia bisnis, sambung Doktor Ekonomi Industri itu menegaskan, industrialisasi membutuhkan waktu dan proses cukup panjang. Karena, terkadang dunia usaha tidak mau repot ikut terlibat. “Tugas pemerintah, baik gubernur maupun bupati, membujuk perusaahaan besar mempelopori, agar mau membatu para (pelaku) UKM/UMKM di daerah,” kata Bang Zul. Selain itu pula, PT AMNT juga harus memberikan kesempatan kepada pengusaha lokal. Walaupun jauh kualitas dan harga dibanding dengan pengusaha luar.

Namun, menurut dia, kesempatan pengusaha lokal untuk terus belajar lebih baik dan bersaing, itu jauh lebih penting. Makanya, pembangunan Smelter di KSB harus menjadi kepastian. “Tidak boleh tidak, tapi harus segera dimulai dan diteruskan. Karena sekali bahan baku diolah disini, akan mengundang industri turunan lainnya. Apalagi pada akhir tahun ini, akan dilakukan proses pembangunan bandara di KSB,” katanya.

“Kita juga harus bersahabat dengan investor. PT Aman harus dipastikan nyaman ditempat kita. Mereka harus senang melakukan usahanya dan beroperasi ditempat kita,” tambah Bang Zul berpesan. Namun pada saat bersamaan, harus mampu meyakinkannya untuk melakukan pendalaman struktur atau intervensi pada produk UMKM yang memiliki nilai tambah, untuk produk masyarakat. Tak hanya itu, Gubernur Zul juga mengingatkan PT AMNT jangan mereduksi bisnisnya hanya semata sebagai mesin pencari uang. Tapi, kata dia, harus membangun relasi yang konstruktif dengan masyarakat.

“Kalau kita berjalan bersama, maka masyarakatlah yang melindungi perusahaan. Untuk mewujudkan masyakat NTB dan KSB yang lebih baik,” kata Gubenrur NTB. “Jadi sinergi dan kolaborasi Bupati KSB bersama PT Aman Mineral mampu mewujudkan industrialisasi di KSB,” demikian mantan anggota DPR RI tiga periode tersebut menambahkan.

Sekedar informasi, dalam roadshow ini, Gubernur NTB juga didampingi oleh para Kepala OPD lingkup Pemprov. Antara lainnya, Kepala Dinas Perindustrian, Kepala Dinas Perdagangan. Kemudian Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kepala Dinas Koperasi UKM, Kepala Dinas Pertanian, Kepala Dinas LHK, Kepala Dinas Pariwisata, Kepala Dinas Peternakan. Selanjutnya, Kepala Dinas Dikbud, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas PMPD, Plt Kepala Dinas Kominfotik dan Biro Perekonomian Setda Provinsi NTB. (Adv/*)