HEADLINE

Beasiswa LPDP 2024 Dibuka

Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) telah resmi membuka beasiswa pada tahun 2024 ini. Demikian disampaikan Ketua Mata Garuda (Ikatan Alumni LPDP NTB)-Azkia Rostiani Rahmani. (Ist)

NUSRAMEDIA.COM — Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) telah resmi membuka beasiswa pada tahun 2024 ini. Demikian disampaikan Ketua Mata Garuda (Ikatan Alumni LPDP NTB)-Azkia Rostiani Rahmani.

Diungkapkan, pendaftaran telah dibuka sejak 11 Januari 2024 lalu. Bahkan pihaknya akan menggelar sosialisasi terbuka dengan mengundang mahasiswa dan dosen untuk diberikan materi tentang beasiswa LPDP.

Termasuk berbagi pengalaman dengan para alumni yang saat ini jumlahnya mencapai 800 orang. “Ada 15 jalur beasiswa dalam negeri yang bisa diambil,” ujarnya.

“Dan kami siap berbagi pengetahuan tentang bagaimana mengakses beasiswa ini serta pengalaman sebagai alumni awardee,” sambung Azkia Rostiani Rahmani.

Hal ini disampaikannya tepat pada saat bersilaturahim dengan Penjabat (Pj) Gubernur NTB pada Selasa 23 Januari 2024 lalu di Kota Mataram.

Baca Juga:  Bupati Sumbawa Lepas Siswa Peraih Beasiswa ke SMK Unggulan di Indonesia

LPDP menyediakan kuota hingga 10 ribu untuk penerima beasiswa pada 2024. Jumlah tersebut kurang lebih hampir sama dengan penerimaan pada 2023 yang mencapai 9.959 orang.

Pada tahun 2023, LPDP menggelontorkan anggaran sekitar Rp10 triliun untuk seluruh jenis beasiswa yang diselenggarakan langsung oleh LPDP maupun kerjasama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) ataupun Kementerian Agama (Kemenag).

Beasiswa LPDP tak hanya meningkat dari segi jumlah saja, namun juga harus berdampak pada bidang-bidang yang menjadi prioritas bagi pembangunan negara. Di Belanda misalnya, LPDP bekerja sama di bidang maritim, cyber law, dan smart farming.

Baca Juga:  MO-BJS Deklarasi 21 Juli

Kemudian dengan China berkaitan dengan lithium dalam pengembangan industri baterai. Saat ini sudah sekitar 100 awardee yang sedang studi dan sekitar 20 alumni sudah bekerja di Morowali dan beberapa perusahaan nasional di Jawa maupun luar Jawa.

Disamping itu, LPDP juga bekerja sama dengan National University of Singapore untuk bidang perusahaan rintisan atau startup berbasis teknologi. Selain itu, juga kolaborasi co-founding dengan beberapa kampus di Prancis.

Sejak 2010 hingga 31 Desember 2023, LPDP tercatat memiliki endowment fund senilai Rp139,11 triliun untuk mengirim 45.500 awardee atau mahasiswa LPDP dan selama tigabelas tahun, LPDP telah memiliki 21.373 orang alumni dengan 2.782 project.

Baca Juga:  Bupati Sumbawa Minta Ciri Khas Daerah Diperlihatkan ke Peserta Sail Indonesia

Sementara beasiswa targeted dan afirmasi mencapai 23.111 orang. Sekedar informasi, hadir pula para alumni beasiswa LPDP NTB yang pernah belajar di Australia, UK, UGM, UI dan lain lain.

Terkait hal ini, Pj Gubernur NTB Lalu Gita Ariadi meminta pemangku kebijakan terkait seperti Dikbud, BRIDA dan para alumni ikut mempersiapkan calon awardee terutama penguasaan bahasa Inggris TOEFL sejak kelas 11.

“Saya sangat care dengan program beasiswa. Kita akan adakan 1000 guru bahasa Inggris untuk mempersiapkan anak anak kita mendapatkan beasiswa pendidikannya,” pungkasnya. (red)