HEADLINE

Desa Rhee dan Kelurahan Bugis Wakili Sumbawa ke Tingkat Provinsi

Desa Rhee Kecamatan Rhee dan Kelurahan Bugis Kecamatan Sumbawa ikut serta dalam lomba desa dan kelurahan tingkat Provinsi NTB Tahun 2024. (Ist)

NUSRAMEDIA.COM — Desa Rhee Kecamatan Rhee dan Kelurahan Bugis Kecamatan Sumbawa ikut serta dalam lomba desa dan kelurahan tingkat Provinsi NTB Tahun 2024. Keduanya yang mewakili Kabupaten Sumbawa ini dinilai oleh tim penilai dari provinsi pada Rabu (19/6/2024).

Dalam kesempatan ini, hadir Bupati Sumbawa yang diwakili Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Sumbawa Rachman Ansori. Kemudian tim penilai dari Provinsi NTB, Kepala OPD terkait ,Camat Rhee, Kepala Desa Rhee,Tokoh Masyarakat,Tokoh Agama, Tokoh pemuda, acara bertempat di Kantor Desa Rhee kecamatan Rhee.

“Pada kesempatan yang berbahagia ini saya ingin menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Desa Rhee yang telah terpilih untuk mengikuti lomba desa tingkat Provinsi NTB. Terpilihnya Desa Rhee sebagai wakil Sumbawa merupakan bukti nyata bahwa desa ini memiliki potensi dan prestasi yang patut dibanggakan dan saya berharap melalui penilaian ini Desa Rhee dapat menunjukkan segala keunggulan dan inovasinya dalam pembangunan desa sehingga dapat meraih hasil yang terbaik,” ujar Bupati Sumbawa melalui sambutan tertulis yang dibacakan Kadis PMD Rachman Ansori.

Baca Juga:  Bacagub NTB Pilihan PKB Diumumkan Tepat Harlah ke 26

Dijelaskannya, lomba desa ini bukan hanya sekedar kompetensi tetapi juga merupakan momentum penting untuk mengevaluasi dan meningkatkan kualitas penyelenggara pemerintahan desa , pelayanan kepada masyarakat. Termasuk pemberdayaan dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan desa, oleh karena itu saya berharap agar seluruh elemen masyarakat desa Rhee dapat berperan aktif dalam mendukung dan menyukseskan kegiatan ini.

Menurutnya, Desa Rhee memiliki berbagai potensi yang dapat dikembangkan baik dari sektor pertanian, perkebunan, peternakan maupun pariwisata. “Saya berharap melalui lomba ini potensi-potensi tersebut dapat lebih optimalkan dan menjadi inspirasi bagi desa-desa lain di kabupaten sumbawa mari kita bersama-sama bekerja keras dan berdoa agar desa Rhee dapat meraih prestasi yang membanggakan dalam lomba Desa Tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat tahun 2024 ini,” terangnya.

Baca Juga:  PDIP Dukung Mohan Roliskana di Pilkada Kota Mataram

Sementara Kepala Bidang PMPD-Dukcapil Provinsi NTB, Supri Karyadi menerangkan, lomba desa dan kelurahan ini tidak hanya sekedar kompetisi semata, tetapi lebih kepada pembinaan dan pengawasan melalui evaluasi desa dan kelurahan. Dimana desa yang menjadi perwakilan dari kabupaten Sumbawa adalah desa yang tata kelola pemerintahannya bagus, memiliki banyak inovasi, memiliki prestasi. Sehingga diharapkan bisa menjadi desa percontohan untuk desa-desa lainnya.

“Dengan kami turun langsung, kami juga akan banyak menemukan hal-hal yang baru, baik itu keberhasilan, maupun permasalahan yang ada di desa dalam artian kami juga akan banyak belajar dengan hal-hal baru yang kami temukan di sini tentunya untuk bisa kita sebarkan juga kepada desa-desa yang lain,” katanya. Adapun yang dinilai dalam lomba desa dan keluarahabn tingkat provinsi ini adalah tentang pemerintahan, kewilayahan dan kemasyarakatan sesuai dengan Permendagri 81 tahun 2015. (red)

Baca Juga:  Masyarakat Sambut Baik TGF Maju di Pilkada Lombok Timur