HEADLINE

Disupport Johan Rosihan, Lahan Kritis Bakal “Disulap” Jadi Kebun Buah

Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi PKS Dapil NTB 1 Pulau Sumbawa, H. Johan Rosihan, ST. (Ist)

NUSRAMEDIA.COM — Salah satu lahan kritis yang berada di Desa Stowe Berang, Kecamatan Utan, Kabupaten Sumbawa sepertinya akan menghadirkan sesuatu yang luar biasa.

Betapa tidak, lahan kritis yang berlokasi di desa yang kerap disebut dengan singkatan “Stober” itu nantinya akan menjadi sentra atau pusat kebun buah-buahan.

Tentunya hal ini kedepan akan memberikan dampak yang sangat positif. Karena dampak itu tidak hanya dirasakan bagi masyarakat setempat, tapi juga daerah secara umumnya.

Baca Juga:  Pendaftar di BLK Sumbawa Tinggi Peminat

Selain menumbuhkan semangat menanam dan terwujudnya mandiri buah, lokasi tersebut kedepan tak menutup kemungkinan akan menjadi salah satu lokasi wisata buah-buahan di Sumbawa.

Ini semua tidak lepas dari adanya perananan dan perhatian nyata anggota DPR RI kelahiran asli Sumbawa, yakni H. Johan Rosihan. Pola rehabilitasi penyaluran bibit buah-buahan sudah dilakukan sejak 2020 lalu.

Menurut anggota Komisi IV DPR RI Johan Rosihan, apa yang dilakukan ini sebagai upaya rehabilitasi lahan kritis menjadi sentra buah di Kabupaten Sumbawa, Pulau Sumbawa umumnya.

Baca Juga:  ASN Diminta Jangan Tambah Libur : "Kalau Tidak Masuk Diberikan Sanksi"

“Ada 50 ribu bibit buah-buahan (yang disalurkan),” ungkap politisi PKS tersebut didampingi Oky Armeiryanto selaku staf khusus Johan Rosihan kepada NUSRAMEDIA, Kamis (30/11/2023).

Disebutkannya, adapun jenis-jenis bibit buah-buahan itu, diantaranya seperti Mangga, Alpukat, Kelengkeng, Nangka, Sawo, Jambu Kristal dan masih banyak lagi lainnya. “Beragam jenisnya,” ujar Johan Rosihan.

“Jadi saya berharap selain kita bisa mandiri buah, kedepan lahan yang direhabilitasi ini akan mampu menjadi salah satu sentra buah,” sambung Legislator Senayan jebolan asal Dapil NTB 1 Pulau Sumbawa ini.

Baca Juga:  Mo-Novi Terus Upayakan Peningkatan Kualitas Infrastruktur di Sumbawa

Lebih lanjut dikatakan Johan Rosihan, ia juga sangat berharap bibit prduktif yang telah disalurkan selama beberapa tahun terakhir itu dapat menumbuhkan semangat positif masyarakat.

“Kita harapkan juga bibit-bibit produktif yang kita salurkan empat tahun terakhir diharapkan dapat menumbuhkan semangat menanam masyarakat kita,” demikian Johan Rosihan. (red)