HEADLINE

Gubernur NTB : “Tanpa Industrialisasi Kita Akan Miskin Selamanya”

193
Gubernur Nusa Tenggara Barat, Dr H Zulkieflimansyah. (Ist)

NUSRAMEDIA.COM — Gubernur NTB Zulkieflimansyah mengatakan, industrialisasi adalah kunci untuk menjadikan sebuah daerah bahkan bangsa bisa maju. Karena dengan Industrialisasi yang sederhana saja, kata dia, seperti membuat produk tusuk gigi sendiri dan tidak mendatangkan dari luar daerah, dapat meningkatkan nilai produk.

Dimana nantinya dapat mensejahterakan para pelakunya. Karena itu, tanpa industrialisasi masyarakat bisa terjebak di ‘kubangan’ kemiskinan dalam jangka waktu yang lama. Hal ini dikatakan Bang Zul kerap Gubernur NTB disapa tepatnya saat menjadi narasumber pada “Talkshow Industrialisasi Goes To Campus”.

Baca Juga:  Gubernur Buka Kejuaraan Sepak Takraw Antar Pelajar SMA/SMK se-NTB

Adapun tema yang diangkat, yaitu “Menggali Potensi dan Peran Mahasiswa Dalam Menyongsong Industrialisasi di NTB untuk Indonesia” di Universitas Mataram, Selasa (15/11). “Industrialisasi adalah kebutuhan agar masyarakat bisa menghadirkan kesejahteraan. Tanpa Industrialisasi kita akan miskin selamanya,” tegas Bang Zul dihadapan para mahasiswa.

Untuk menopang berjalannya industrialisasi tersebut, lanjut Gubernur, perlu adanya rasa mencintai dan bangga menggunakan produk lokal. “Sehingga perlu mengamalkan Bela dan Beli Produk Lokal,” katanya. Hal tersebut menjadi penekanan dikesempatan ini. “Ketika kita mampu mengolah bahan baku menjadi produk yang bernilai, Insya Allah kesejahteraan akan mengikuti kita,” tegas Bang Zul.

Baca Juga:  Mori Hanafi Maju DPR RI?

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian NTB, Nuryanti mengajak para IKM besutan mahasiswa untuk masuk ke dalam Komunitas Industri 4.0. Nantinya, Dinas Perindustrian akan memberikan pendampingan kepada para pelaku usaha. Yaitu sejak dari mengembangkan ide hingga memasarkan produk dan mendaftarkan merek produknya.

“Saya berharap dua hari kedepan kita bisa hadir mengajak yang lain juga masuk dalam Komunitas Industri 4.0. Masuk ke inkubasi bisnis di NTB,” harapnya. Untuk diketahui, industrialisasi sendiri merupakan salah satu program unggulan pemerintah provinsi NTB. Yakni melakukan penambahan nilai dalam sebuah produk.

Baca Juga:  Johan Salurkan Puluhan Ton Bibit Jagung Untuk 9 Kecamatan di Bima

Dengan harapan, masyarakat NTB tidak lagi menggunakan atau menjual produk mentah keluar daerah. Namun memberikan nilai tambah didalamnya. Diharapkan pula, ini nantinya akan mampu menyerap lapangan tenaga kerja dan menjadikan ekonomi daerah semakin baik. Pemprov NTB sendiri secara rutin menggelar Roadshow dan Talkshow Industrialisasi di setiap Kabupaten/Kota se-NTB hingga ke institusi pendidikan. (red) 

Artikel sebelumyaWagub NTB Sambut Baik Program Kolaborasi ZIS Indosat dan RZ
Artikel berikutnyaDerma Express Kini Hadir di Lombok