HEADLINE

Museum Daerah Sumbawa Hadirkan Cinema Room dan Podcast

Kepala UPT Museum Daerah Kabupaten Sumbawa, Ivonie Septiyanti. (Ist)

NUSRAMEDIA.COM — Selain mengoleksi benda-benda peninggalan bersejarah, UPT Museum Daerah Kabupaten Sumbawa juga telah menyiapkan Cinema Room dan Podcast di tahun ini.

Ruangan ini nantinya akan dimanfaatkan untuk mengenalkan sejarah Sumbawa secara visual. “Kita sekarang juga ada Cinema Room sama ruang Podcast,” ungkap Kepala UPT Museum Daerah Ivonie Septiyanti, Selasa (13/02/2024).

Dikatakan Evi-akrabnya disapa, Cinema Room dan Podcast ini sudah disiapkan sejak 2023 lalu dan rencananya akan digunakan sekitar bulan Maret atau April mendatang. Karena saat ini masih dalam melengkapi sejumlah peralatan pendukung.

Baca Juga:  Disnakeswan Sumbawa Terjunkan 200 Petugas Pemeriksaan Hewan

“Ruangannya bisa digunakan dalam kurun waktu sekitar 2 bulan lagi dan untuk podcastnya sudah bisa digunakan. Untuk pendanaan alat-alat podcast sendiri berasal dari APBD,” tambahnya. Nantinya, cinema room akan menampilkan film-film sejarah Sumbawa. seperti film documenter dan sejenisnya.

“Cinema Room bisa diakses oleh masyarakat, akan tetapi kita mencobanya dari sekolah SD terlebih dahulu dan untuk podcastnya sendiri untuk sementara waktu diakses oleh sejarawan yang mengerti tentang Sumbawa,” ungkapnya.

Evi menambahkan, dengan adanya ruangan cinema dan podcast ini, pihaknya berharap dapat lebih mengenalkan lagi tentang sejarah-sejarah Sumbawa, khususnya bisa mengenalkan museum. Sehingga masyarakat lebih cinta lagi dengan lingkungan Sumbawa yang kaya akan budaya. (red) 

Baca Juga:  Bapemperda Bakal Evaluasi Perda 5 Tahun Terakhir