HEADLINE

Para Pelaku Selundup Sabu Lewat Dubur, Polres Bima Kota Ungkap Jaringan Narkoba Trans Nasional

Satuan Narkoba Polres Bima Kota kembali mendulang sukses dalam mengungkap dan menangkap jual edar narkoba diwilayah hukum setempat. (Ist)

NUSRAMEDIA.COM — Satuan Narkoba Polres Bima Kota kembali mendulang sukses dalam mengungkap dan menangkap jual edar narkoba diwilayah hukum setempat. Kali ini, Sat Narkoba dengan kekuatan penuh, Tim Cobra Alpha, Tim Cobra Bravo, di back up personel Sat Intelkam Polres Bima Kota dengan dipimpin langsung Kasat Narkoba AKP Tamrin dab KBO Sat Narkoba Ipda Sirajuddin serta Kaur Mintu Aipda Rahmatullah.

Mereka turun langsung, bekerja tanpa lelah, mengungkap juga edar narkoba yang diselundup jaringan narkoba trans nasional. Kapolres Bima Kota AKBP Rohadi melalui Kasat Narkoba AKP Tamrin, Jumat (8/12) kemarin sedikitnya 15 orang yang bertugas sebagai kurir dengan berkelompok 5 orang, berangkat dari Medan Sumetera Utara, menggunakan pesawat hingga sampai di Bima.

Baca Juga:  Fahri Hamzah Siap Menangkan Haji Mo-BJS

15 orang dari Medan Sumut ini, jelas AKP Tamrin, menyelundupkan narkoba jenis sabu sebanyak 3 bungkus dengan berta varitatif dengan menyembunyikan di lubang dubur masing-masing. Awalnya, jelas AKP Tamrin, Unit Idik II Sat Resnarkoba Polres Bima Kota menerima penyerahan seorang Laki-laki yang tidak lain salah satu dari 15 kurir jaringan narkoba trans nasional yang diduga mengedarkan dan memiliki, menyimpan, menguasai Narkotika diduga jenis sabu dari Polsek Rasanae Barat Res Bima Kota.

Dari hasil penyerahan pada Rabu 6 November 2023 malam itu, kata AKP Tamrin, dilakukan pengembangan langsung, keberadaan para pelaku lainnya. Alhasil, setelah dilakukan pengembangan dengan penyelidikan non stop, hingga pada Kamis 7 Nopember 2023 sekitar pukul 09.30, didapatkan informasi 11 orang lainnya, tengah berada di Bandara Sultan Muhammad Salahuddin Bima, hendak kembali ke Medan.

Baca Juga:  Pj Gubernur Dukung Persiapan Kontingen PON XXI NTB

Saat dilakukan penangkapan, jelas Kasat Narkoba, belasan orang ini, dalam keadaan terpencar. Ada yang tengah santai di retail modern di depan Bandara Bima, ada pula yang tengah sarapan di Rumah Makan dekat Bandara. Saat digeladah badan dan seisi tas pada belasan orang ini, sambung AKP Tamrin, tidak ditemukan barang bukti narkoba.

Menurut pengakuan belasan orang yang diamankan itu, barang bukti narkotika yang tersimpan dalam dubur, sudah dikeluarkan dan sudah diserahkan pada seseorang yang mereka tidak kenali, suruhan orang di Medan. “Sementara ZM (44) tahun warga Desa Bandar Klippa, Kecamatan Percut Seituan, Kabupaten Deli Serdang, yang lebih dulu diamankan, berhasil didapatkan barang bukti sabu dengan rincian dua buntel dikeluarkan dari dubur saat di Polsek Rasbar dan seru buntel lagi dikeluarkan dari dubur di RSUD Bima,” jelas AKP Tamrin.

Baca Juga:  Polisi Ringkus Dua Terduga Pelaku Pencurian Rp500 Juta

11 orang lainnya yang masih dilakukan pemeriksaan intensif di Mako Polres Bima Kota sambung Kasat Narkoba, masing-masing HS alias Acong laki-laki (31), EP alias Boyo (33), S alias KG (46). Kemudian MSH (37), MD (46), Reza (38), RR (30), RP (22), RD (38) AM (40) dan RD (44). Mereka semua dari Deli Serdang. Sementara barang bukti narkoba jenis sabu tang berhasil didapatkan saat dikeluarkan dari dubur ZM jelas Kasat Narkoba, sejumlah 3 bungkus besar plastik berisi sabu dengan berat bersih188,62. (red)