HEADLINE

Pelaku Wisata Sumbawa Ikuti Pelatihan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumbawa terus berupaya melakukan promosi terhadap sektor pariwisata daerah. Salah satunya melalui Pelatihan Digital Talent Scholarship. (Ist)

NUSRAMEDIA.COM — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumbawa terus berupaya melakukan promosi terhadap sektor pariwisata daerah. Salah satunya melalui Pelatihan Digital Talent Scholarship.

“Pemasaran Digital Sektor Pariwisata” yang diikuti 50 orang pelaku wisata yang ada di daerah. Kegiatan terlaksana selama dua hari, pada Selasa dan Rabu (24-25 April 2024) di aula Dinas Tenaga Kerja dan Tramigrasi (Disnakertrans) Sumbawa.

Bupati Sumbawa yang diwakili Asisten Administrasi Umum Sekda Sumbawa Dirmawan, saat membuka kegiatan tersebut menyatakan, Pemda Sumbawa sangat menyambut dan mendukung inisiatif kegiatan tersebut.

Program ini menandai langkah maju yang penting dalam mempersiapkan sumber daya manusia di era revolusi industri 4.0, khususnya dalam sektor pariwisata yang memiliki potensi besar di Kabupaten Sumbawa.

Baca Juga:  Raih Suara Terbanyak Ketiga, Abdul Rahim : "Terimakasih Masyarakat Sumbawa-KSB"

“Industri pariwisata, yang merupakan salah satu tulang punggung perekonomian lokal kita, tidak terkecuali. Untuk tetap bersaing dalam era digital ini, kita perlu memiliki SDM yang memiliki keterampilan dan pengetahuan yang sesuai,” tuturnya.

Menurutnya, Program Pelatihan Digital Talent Scholarship ini bukan hanya sekadar pelatihan, tetapi juga merupakan investasi masa depan Kabupaten Sumbawa. Dengan membekali para peserta dengan keterampilan digital yang dibutuhkan dalam pemasaran pariwisata.

Artinya telah membuka peluang untuk pertumbuhan dan pengembangan sektor pariwisata. “Manfaatkanlah peluang ini dengan sebaik-baiknya, dan jadikanlah ilmu yang anda peroleh sebagai bekal untuk meraih kesuksesan di masa depan,” ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Sumbawa, Dedy Heriwibowo dalam laporannya menungkapkan, tujuan kegiatan ini untuk mempersiapkan SDM yang unggul di era revolusi industri 4.0 melalui peningkatan Sumber Daya Manusia sebagai sektor penggerak dan pendukung percepatan pembangunan pariwisata.

Baca Juga:  Jalur Prestasi "Dinolkan" Untuk PPDB 2024

Kegiatan ini ditujukan bagi para pelaku usaha yang memiliki produk atau jasa di sektor pariwisata. Agar mereka memiliki keahlian dalam hal pemasaran digital. Sementara Kepala BPSDMP Kominfo Surabaya yang diwakili Koordinator Thematic Academy Kriswinanto menjelaskan.

Bahwa BPSDMP Kominfo Surabaya merupakan UPT Badan Litbang SDM Kementrian Kominfo dimana memiliki wilayah Kerja di Provinsi Jawa Timur dan NTB memfasilitasi Program pelatihan Thematic Academy, dengan tema Pemasaran Digital Sektor Pariwisata.

Yakni bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa, khususnya Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sumbawa yang dilaksanakan secara offline pada 23-24 April 2024.

Baca Juga:  LPK Harus Jalin Kerjasama dengan Perusahaan

Tujuan pelatihan ini untuk meningkatkan keahlian pemasaran digital bagi para pelaku sektor pariwisata, dengan cara memanfaatkan tools digital dan media sosial yang dapat digunakan oleh pelaku di bidang sektor pariwisata untuk meningkatkan visual experience/ pengalaman visual.

Dengan pelatihan pemasaran digital sektor pariwisata ini diharapkan untuk meningkatkan SDM para pelaku sektor pariwisata untuk menjangkau target pasar yang lebih luas dan beragam.

Pemanfaatkan teknik-teknik pemasaran digital seperti copywriting, search engine marketing/ SEM teknik pemasaran digital sebagai platform untuk mencapai tujuan pemasaran untuk membantu dalam meningkatkan visibilitas penjualan. Dengan melakukan tujuan bisnis secara digital bagian dari transformasi digital. (red)