HEADLINE

Pemprov NTB Diminta Sosialisasikan Vaksin DBD

Ketua Komisi V DPRD Provinsi Nusa Tenggara Barat, H. Lalu Hadrian Irfani. (Ist)

NUSRAMEDIA.COM — Komisi V DPRD Provinsi Nusa Tenggara Barat menyikapi serius soal cukup maraknya kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di NTB.

Sebagai bentuk keseriusan itu, dalam waktu dekat Komisi V DPRD NTB juga akan melakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Dinas Kesehatan (Dikes) NTB.

Demikian hal itu dikatakan oleh Ketua Komisi V DPRD Provinsi NTB, H. Lalu Hadrian Irfani kepada wartawan, Senin 25 Maret 2024 di Kota Mataram.

“Kita akan lihat jadwal. Kalau skiranya memungkinkan, kita akan prioritaskan RDP mengantisipasi persoalan ini,” tegas pria yang juga Ketua Fraksi PKB NTB tersebut.

Baca Juga:  Nurhidayah Amankan Tiket PPP di Pilkada Lombok Barat

Menurut dia, persoalan kesehatan menjadi penting untuk dijadikan perhatian bersama. Terlebih masalah kasus DBD yang terjadi disejumlah daerah lingkup NTB saat ini.

Sebagai langkah awal, Haji Lalu Hadrian Irfani mengaku telah bertemu dengan pihak Dinas Kesehatan Provinsi NTB dalam menyikapi hal tersebut.

“Saya sudah bicara dengan kepala dinas kesehatan, hari ini (kemarin) ada (giat) vaksin DBD. Nah, kalau bisa, Pemprov ini sosialisasikam juga vaksin itu,” harapnya.

Dilakukannya sosialisasi terkait vaksinasi DBD oleh pemerintah, dinilainya menjadi menjadi penting, sehingga bisa dijadikan langkah atau upaya pencegahan.

Baca Juga:  PDIP Dukung Mohan Roliskana di Pilkada Kota Mataram

“Dalam rangka pencegahan. Karena pencegahan itu lebih baik dari pada mengobati,” tegas pria yang juga menjabat sebagai Ketua DPW PKB NTB ini.

Disisi lain, Lalu Hadrian Irfani juga mengimbau kepada masyarakat NTB agar mengedepankan sikap 3M Plus, yaitu menguras bak air, menutup tempat penampungan air.

Kemudian mendaur ulang barang tidak terpakai, dan mencegah gigitan nyamuk melalui obat nyamuk, fogging, dan penggunaan jaring nyamuk dan lain sebagainya.

“Tentu kita semua masyarakat juga harus menjaga kebersihan rumah dan lingkungannya secara bersama-sama,” demikian dikatakan pria yang juga sebentar lagi akan dilantik sebagai anggota DPR RI terpilih Dapil NTB 2 Pulau Lombok dari PKB tersebut. (red) 

Baca Juga:  Bacagub NTB Pilihan PKB Diumumkan Tepat Harlah ke 26