PARIWISATA

Johan Ajak Berkolaborasi Kembangkan Kawasan Tero Jadi Destinasi Wisata Baru di Kabupaten Sumbawa

Anggota DPR RI Dapil NTB 1 Pulau Sumbawa, H. Johan Rosihan, ST (HJR) saat mengunjungi kawasan Tero di Kecamatan Empang. (Ist)

NUSRAMEDIA.COM — Anggota DPR RI Dapil NTB 1 Pulau Sumbawa H Johan Rosihan (HJR) berkunjung ke Kecamatan Empang, Kabupaten Sumbawa belum lama ini.

Dikesempatan itu, Legislator PKS Senayan itu menyempatkan diri untuk bersilaturahim dengan warga sembari mengunjungi kawasan Dusun Tero, Desa Jotang Beru.

Johan bertemu dengan para milenial dilokasi tersebut. Politisi yang dikenal vocal menyuarakan aspirasi rakyat di Senayan itu, menjaring berbagai aspirasi warga.

Antara lainnya, berkaitan dengan potensi wisata yang ada Kawasan Tero, Desa Jotang Beru, Kecamatan Empang. “Main-main ke Dusun Tero, Desa Jotang Beru,” ujarnya.

Kunjungannya dilokasi itu, bukan tanpa alasan. Ini lantaran, kawasan tersebut belakangan sempat viral. “Belakangan, lokasi ini viral sebagai pusat atraksi paralayang.

Menurut dia, para milenial setempat mengungkapkan jika kawasan tersebut hendak dijadikan destinasi wisata. Hanya saja, kata dia, tentu banyak pihak yang harus terlibat dan berkolaborasi.

“Jika benar-benar ingin kita garap serius. Mudah-mudahan hajat dari teman-teman untuk menjadi Tero sebagai satu kawasan pariwisata bisa diwujudkan,” kata Johan sembari meng-aamiin-kan.

Dikatakan lebih lanjut oleh pria yang duduk di Komisi IV DPR RI itu, bahwa kawasan tersebut memiliki potensi luar biasa untuk memang bisa dikembangkan.

Oleh karenanya, tegas Johan, peran semua pihak termasuk pemda setempat dibutuhkan. “Kita berada di dalam sebuah kawasan yang luar biasa,” tuturnya.

“Tetapi sedikit (memang harus) membutuhkan sentuhan kehadiran kita semua, terutama pemerintah. Agar bisa membuat akses yang cukup bagus,” sambungnya.

Karena, masih kata Johan, ini bukan satu-satunya titik potensi yang bisa dikembangkan dan harus diperhatikan. “Kita bisa lihat di sepanjang brang tiram dan polak paya, iti juga merupakan titik paralayang yang bagus,” kata dia sembari menegaskan masih banyak titik lainnya.

Hanya saja, itu semua masih diupayakan secara mandiri oleh sejumlah komunitas anak muda di Desa Jotang. Oleh karenanya, memurut dia, hal ini perlu didukung.

“Dan itu perlu support dari kita. Mudah-mudahan kehadiran saya (dilokasi kawasan tersebut beberapa waktu lalu) bisa mengkomunikasikan dengan para pihak,” kata Johan.

“Agar kawasan yang luar biasa dan cantik itu bisa kita kembangkan menjadi destinasi baru pariwisata Kabupaten Sumbawa,” demikian pria yang dijuluki salah satu “singa senayan” kelahiran Sumbawa tersebut. (red)