PARIWISATA

Serahkan Dokumen Hak Cipta Keris Lombok : “Terimakasih Kanwil Kemenkumham NTB”

Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Nusa Tenggara Barat menyerahkan dokumen Hak Cipta atas hasil karya UMKM Paguyuban Anjani Keris Lombok. (Ist)

NUSRAMEDIA.COM — Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Nusa Tenggara Barat menyerahkan dokumen Hak Cipta atas hasil karya UMKM Paguyuban Anjani Keris Lombok.

Penyerahan dokumen hak cipta itu diserahkan tepatnya pada gelara Pameran dan Bursa Tosan Aji Nasional “Pesona Keris di Lombok Episode 3”, Sabtu (25/11/2023) di Lapangan Eks Bandara Selaparang, Mataram.

Kepala Kanwil Kemenkumham Nusa Tenggara Barat Parlindungan dalam sambutannya menyampaikan bahwa, keris telah diakui UNESCO sebagai karya agung budaya dunia.

“Keris termasuk dalam kategori folklor yang mendapatkan perlindungan hukum dari UUHC. Hal tersebut memperoleh perlindungan karena mempunyai nilai seni,” kata Parlindungan.

Baca Juga:  Kadispar Hadiri Grand Final DRPI Tingkat Provinsi NTB

“Baik pada ciptaan motif pamor yang merupakan hasil kebudayaan rakyat. Negara dalam hal ini merupakan Pemegang Hak Cipta atas keris tersebut,” sambung Kakanwil Kemenkumham NTB.

Didampingi Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM serta jajaran, Parlindungan menjelaskan bahwa Keris Lombok memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri yang harus dilindungi kekayaan Intelektualnya.

Peranan Keris Lombok sebagai Kekayaan Intelektual dapat mendongkrak ekonomi di NTB khususnya ekonomi kreatif dari sektor UMKM. Hal tersebut sejalan dengan Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H Laoly.

Baca Juga:  Kadispar Hadiri Grand Final DRPI Tingkat Provinsi NTB

Dimana ia menyatakan bahwa perlindungan kekayaan intelektual atas karya dan inovasi tidak hanya dapat meningkatkan harga dari produk yang dijual.

Namun, sambung Menkumham, kekayaan intelektual tersebut juga bisa dijadikan jaminan fidusia sehingga dapat membantu para kreator mengakses permodalan.

Senada dengan Kakanwil, Kepala dinas Pariwisata Provinsi NTB, Jamaluddin menyampaikan bahwa Keris merupakan 17 sub sektor ekonomi kreatif yang harus dilestarikan.

“Pariwisatawan mancanegara maupun nasional yang datang ke NTB, pertama kali pasti mencari benda benda pusaka yang merupakan daya tarik di NTB,” tuturnya.

Baca Juga:  Kadispar Hadiri Grand Final DRPI Tingkat Provinsi NTB

Bayu Widiantara-Dewan Pembina Paguyuban Anjani Keris menyampaikan rasa terimakasihnya pada Kanwil Kemenkumham NTB yang telah membantu kepengurusan dokumen Hak Cipta atas hasil karya UMKM Paguyuban Anjani Keris Lombok.

“Terimakasih banyak kepada Kanwil Kemenkumham NTB atas bantuannya dalam membantu kita mendaftarkan kekayaan Intelektual. Semoga Keris di Lombok semakin maju, melaju!,” ujar pria yang akrab disapa Miq Batu tersebut.

Hadirnya Kumham Bergerak Kanwil Kemenkumham NTB melalui layanan Konsultasi KI, Perseroan Perorangan, dan Layanan Apostille turut menyemarakkan pagelaran Pameran dan Bursa Tosan Aji Nasional kali ini. (red)