PARIWISATA

Zero Waste Trekker Upaya Selamatkan Rinjani

82
Foto dari kanan : Wakil Gubernur NTB, Dr Hj Sitti Rohmi Djalilah (kedua), Plt Kepala Dinas Kominfotik NTB, Baiq Nelly Yuniarti (ketiga)

NUSRAMEDIA.COM — Persoalan sampah di Gunung Rinjani kian mengkhawatirkan. Terlebih menjadi isu lingkungan yang penting. Oleh karenanya, Program Zero Waste Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB harus didukung semua pihak.

Menyikapi persoalan sampah diwisata alam dunia tersebut, Geopark Rinjani bersama Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR) menggagas Women Geo Adventure Camp. Dimana para pendaki perempuan dilibatkan dalam mengedukasi gerakan nol sampah.

Didampingi Plt Kepala Dinas Kominfotik NTB, Baiq Nelly Yuniarti, Wakil Gubernur NTB-Sitti Rohmi Djalilah hadir di Sekolah Alam Rinjani, Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Sabtu (13/8) lalu. Dikesempatan ini, Wagub NTB menyampaikan beberap hal penting terkait Gunung Rinjani.

Baca Juga:  NTB Siapkan Strategi Perpanjang Durasi Kunjungan Wisatawan

“Rinjani bukan sekedar tempat wisata, tapi juga pusat kehidupan di Pulau Lombok. Saya berharap kegiatan (Women Geo Adventure Camp) ini dapat mendukung Zero Waste terutama menyelamatkan Rinjani dari sampah,” harap orang nomor dua di Provinsi Nusa Tenggara Barat tersebut.

Menurut Ummi Rohmi kerap Wagub NTB disapa, kontribusi para pecinta alam dalam mengajak masyarakat untuk menyelamatkan lingkungan dinilai sangat penting. Terlebih program yang menyasar para pendaki perempuan sangat dibutuhkan, setidaknya bagi komunitas para pendaki agar tidak lagi membuang sampah di gunung.

Baca Juga:  Geopark Tambora dan Siswa SMA/SMK di Bima Gelar Aksi Bersih-Bersih

Tak hanya itu, dikesempatan ini Ummi Rohmu juga mengungkapkan terkait program penanganan sampah di NTB. Dimana saat ini, kata dia, telah mencapai 70 persen sejak empat tahun lalu. Maka dari itu, ia mengingatkan para stakeholder terkait maupun kabupaten/kota agar benar-benar mengawasi persoalan sampah diwilayah masing-masing.

Sementara itu, Muhammad Farid Zaini selaku General Manager Geopark Rinjani mengatakan, program Zero Waste Trekker ini nantinya akan memberlakukan screening sampah bagi setiap pendaki yang akan naik ke Rinjani hingga kembali.

Sebagai langkah awal, sambungnya, para pendaki perempuan ini akan dikenalkan dengan lingkungan Rinjani dan kondisi lapangan agar dapat melakukan terobosan dalam hal penanganan sampah di Gunung Rinjani.

Baca Juga:  Geopark Tambora dan Siswa SMA/SMK di Bima Gelar Aksi Bersih-Bersih

“Sampah Rinjani makin lama memang mengkhawatirkan. Kami berkepentingan untuk membangun pemahaman dan melakukan kebijakan nyata dan tegas agar lingkungan Rinjani makin baik,” ungkapnya.

Sekedar informasi, Women Geo Adventure Trekker juga diikuti pendaki luar daerah yang ingin tahu tentang kegiatan pendakian bebas sampah. Selain Plt Kadis Kominfotik NTB, turut pula mendampingi Wagub NTB, Kadis Pariwisata, Dinas Lingkungan Hidup, Camat Sembalun serta pegiat lingkungan lainnya. (red) 

Artikel sebelumyaPembinaan Potensi SAR Digencarkan
Artikel berikutnyaGubernur NTB : “Rumah Sederhana Tapi Dihuni Orang Berjiwa Besar”