PEMERINTAHAN

Tahun Ini, 20 Desa Bakal Melaksanakan Pilkades

299
Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Sumbawa, Varian Bintoro

NUSRAMEDIA.COM — Tahun 2022 ini, sebanyak 20 desa dilingkup Kabupaten Sumbawa akan melaksanakan pemilihan kepala desa (pilkades). Guna mengetahui data pemilih sementara dalam Pilkades tersebut, Pemda Sumbawa meminta Daftar Pemilih Tetap (DPT) 2020 lalu, di KPU setempat.

“Itu dihajatkan sebagai salah satu sumber DPT sementara atau pemilih sementara bagi 20 desa yang melaksanakan Pilkades tahun ini,” kata Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Sumbawa, Varian Bintoro. “Sehingga diaturan diambil dari hasil data pemilu terakhir untuk daftar pemilih sementara di pemilihan kepala desa,” tambah mantan Kepala Dinas PMD Sumbawa ini, Kamis (14/4).

Baca Juga:  Soal Keterlibatan Pemprov di MXGP, Ketua Komisi DPRD NTB : "Tidak Ada Masalah"

Disebutkannya, DPT Pilkada 2020 tersebut diserahkan langsung oleh Ketua KPU Sumbawa, M Wildan kepada Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumbawa, H Hasan Basri, Selasa (12/4) lalu. Sekda kemudian menyerahkan DPT ini ke Kepala Dinas Pemerdyaan Masyarakat dan Desa (DPMD) sebagai leading sektor yang menangani Pilkades.

“Data itu nanti juga akan disampaikan ke desa-desa yang melaksanakan Pilkades. Selain itu, kita juga akan melihat KPU kan melakukan coklit atau pemuktahiran data setiap bulannya, nanti itu bisa disesuaikan,” katanya. “Tapi data pemilu untuk sebagai data sementara Pilkades itu dari DPT Pilkada 2020. Nantinya desa juga akan mendata pemilihnya sesuai data terbaru,” imbuh Varian Bintoro.

Baca Juga:  Soal Keterlibatan Pemprov di MXGP, Ketua Komisi DPRD NTB : "Tidak Ada Masalah"

Pihaknya juga mengaku sudah menjadwalkan agenda sosialisasi mengenai pemilihan kepala desa tersebut usai perayaan Idul Fitri pada Mei 2022 mendatang. “Kami juga nanti usai lebaran akan melaksanakan sosialisasi Pilkades. Ketua tim nya pak Sekda, Asisten Pemerintahan wakil ketua, dan sekretarisnya Kepala Dinas PMD,” tutur Varian Bintoro. “Kami akan melaksanakan sosialisasi di 20 desa yang akan melaksanakan pilkades. Kemudian kami harapkan pelaksanaan Pilkades dilakukan tahun ini juga. Mungkin di akhir tahun, sekitar bulan 10 atau bulan 11,” tutupnya. (red) 

Baca Juga:  Soal Keterlibatan Pemprov di MXGP, Ketua Komisi DPRD NTB : "Tidak Ada Masalah"
Artikel sebelumyaPolres Sumbawa Serahkan Bantuan ke PIKA Samawa
Artikel berikutnyaRehab Rekon Gempa 2018 Tuntas 100 Persen