PENDIDIKAN

Festival Dikdaya 2024 Sukses

Dalam malam penganugerahan ini Bupati juga didampingi oleh Wakil Bupati Sumbawa, Hj. Dewi Noviani M.Pd. (Ist)

NUSRAMEDIA.COM — Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa telah sukses melaksanakan Festival Dikdaya Tahun 2024. Ini tergambar dari konsep yang diusung yaitu ”kolaborasi” dengan adanya kegiatan olahraga, pendidikan keagamaan dan budaya tradisional Sumbawa.

“Konsep untuk peringatan Hardiknas 2024 berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Kita kemas dengan konsep kolaborasi,” ungkap Kepala Dinas Dikbud Kabupaten Sumbawa, Dr. Ikhsan Safitri dalam malam penganugerahan Festival Dikdaya 2024, Kamis (2/5/2024) di Lapangan Pahlawan Gemilang.

Disebutkannya, terdapat beberapa agenda dalam Festival Dikdaya 2024. Diantaranya Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN). Kemudian Olimpiade Agama Islam, yang merupakan implementasi dari kebijakan Pemkab Sumbawa dengan adanya Perbup Nomor 33 Tahun 2021 tentang Pendidikan Karakter.

Baca Juga:  Jalur Prestasi "Dinolkan" Untuk PPDB 2024

Selain itu, terdapat pula Festival Budaya Sumbawa yang menjadi cikal bakal dari Tunas Bahasa Ibu. Dimana ada 6 pelajar dari Kabupaten Sumbawa yang mewakili NTB untuk bertanding di tingkat nasional.

“Ada juga lomba apresiasi jenjang TK Paud, SD dan SMP untuk guru-guru. Ini agar menegaskan bahwa motor penggerak pendidikan adalah bapak ibu guru. Kegiatan ini diawali 26 April dengan 3 ribu peserta dan Alhamdulillah berlangsung sukses,” jelas Kadis Dikbud.

Sementara Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah menyampaikan rasa syukur dan bangga melihat kehadiran ribuan peserta dari 24 kecamatan pada malam penganugerahan Festival Dikdaya yang penuh kebanggaan ini.

Baca Juga:  Jalur Prestasi "Dinolkan" Untuk PPDB 2024

Bupati menyambut baik acara ini dengan senang hati sebagai apresiasi guru dan siswa yang telah melalui seluruh rangkaian kegiatan sejak beberapa hari lalu dalam rangka peringatan Hardiknas tahun 2024.

Menurutnya, hari pendidikan nasional bukan hanya sekedar tanggal dalam kalender, tetapi merupakan momentum untuk merenung, menghargai, dan menginspirasi. Melalui perayaan ini, Bupati berharap agar semua pihak selalu mengingat kembali pentingnya peran guru dalam membentuk karakter, memberi ilmu pengetahuan, dan membimbing generasi muda menuju masa depan yang lebih baik.

“Kami berharap agar melalui komitmen ini, semangat dan inspirasi para guru yang di nobatkan malam ini dapat menjalar dan menginspirasi seluruh komponen masyarakat, terutama generasi muda untuk terus berjuang dan berprestasi dalam pendidikan,” imbuh bupati.

Baca Juga:  Jalur Prestasi "Dinolkan" Untuk PPDB 2024

Dalam malam penganugerahan ini Bupati juga didampingi oleh Wakil Bupati Sumbawa, Hj. Dewi Noviani M.Pd. Kemudian turut hadir pada acara tersebut, Sekretaris Daerah dan para Kepala OPD. Pada Malam penganugerahan Festival Dikdaya yang berlangsung, diumumkan juara dari berbagai lomba.

Yaitu seperti Olimpiade Pendidikan Agama Islam (OPAI), Olimpiade Sains Nasional (OSN), Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN), dan Festival Budaya Samawa (PBS) yang telah dilaksanakan sebagai rangkaian Festival Dikdaya. (red)