PERISTIWA

Sebuah Kapal Kandas di Perairan Pulau Medang

NUSRAMEDIA.COM — Sebuah kapal wisata dengan nama “Ikan Terbang” mengalami masalah dibagian mesin sekitar perairan Pulau Medang, Kabupaten Sumbawa pada Kamis (26/5) sekitar pukul 02.30 Wita.

Akibat dari peristiwa itu, sejumlah orang yang berada di atas kapal tersebut harus dievakuasi. Jum’at (27/5), Kepala Kantor SAR Mataram, Nanang Sigit yang dikonfirmasi membenarkan adanya peristiwa tersebut.

Menurut dia, pihaknya menerima laporan dari salah satu penumpang kapal sekitar pukul 03.00 Wita. Tanpa lama, personel Pos SAR Sumbawa langsung diterjunkan dengan menggunakan Rigit Infatable Boat (RIB) untuk melaksanakan operasi pencarian dan pertolongan dibantu potensi SAR sekitar.

Baca Juga:  Seorang Bocah Tersesat di Atas Bukit

Nanang Sigit menegaskan, bahwa saat ditemukan kapal tersebut dalam posisi miring dengan keadaan kandas di selatan Pulau Medang. “Saat ditemukan, posisi kapal miring akibat kandas di selatan Pulau Medang,” ujarnya.

Diungkapkannya, jumlah penumpang ada empat orang. Yakni atas nama Haris (31), Kesyono (48), dua warga negara asing asal Prancis bernama Philips (68) dan Niko (31). Sedangkan sisanya Hanafi (35) selaku nahkoda kapal dan Hasanudin (32) anak buah kapal (ABK).

“Pukul 07.00 Wita, seluruh penumpang berhasil dievakuasi dengan selamat ke Pelabuhan Badas,” ungkapnya. Sementara nakhoda dan ABK masih berada di atas kapal tersebut. Hal ini berdasarkan permintaan yang bersangkutan, menunggu bantuan tiba untuk penarikan kapal.

Baca Juga:  NTB Bersiap Memasuki Musim Kemarau

Menurut keterangan dari Hanafi, kapalnya mengalami permasalahan pada mesin saat berlayar dari Lombok menuju Labuhan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT). Untuk keamanan, ia berusaha mengkandaskannya. (red)