SOSMAS

Gencar Gelar Sosialisasi Empat Pilar MPR di Sumbawa

Anggota MPR RI, H. Johan Rosihan, ST. (Ist)

NUSRAMEDIA.COM — Anggota MPR Republik Indonesia H. Johan Rosihan, S.T. kembali menggelar Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di daerah pemilihannya yaitu Nusa Tenggara Barat (NTB) I yang meliputi Pulau Sumbawa. Acara yang sarat dengan nuansa kebangsaan ini berlangsung pada hari Jum’at, 2 Juni 2023 di Kabupaten Sumbawa.

Johan Rosihan dalam materinya mengatakan bahwa, Indonesia yang memiliki tujuh belas ribuan pulau di 38 provinsi dengan beragam suku bangsa, budaya dan agama membutuhkan perekat yang mampu menyatukan segala keberagaman itu.

Baca Juga:  Sambut 1 Muharram, Diskominfotik NTB Gelar Pengajian Bersama

“Dan perekat itu adalah Empat Pilar MPR RI ini,” tegas Johan Rosihan. “Empat Pilar MPR RI yang dimaksud adalah Pancasila, UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika. Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, UUD NRI 1945 sebagai konstitusi negara, NKRI sebagai bentuk negara, dan Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan negara yang harus dipahami dan dipegang teguh kita semua dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” lanjut Johan.

Dalam membumikan pemahaman Empat Pilar ini kita dihadapkan pada beberapa tantangan. “Selain adanya fanatisme kedaerahan dan pemahaman yang sempit tentang agama, kita juga sekarang dihadapkan pada realita oknum pejabat negara dan oknum penegak hukum yang tidak memberikan keteladanan kepada masyarakat. Hal-hal semacam itu menimbulkan kekecewaan bahkan kemarahan di tengah masyarakat yang berimbas pada terganggunya kehidupan berbangsa dan bernegara,” urai Johan Rosihan.

Baca Juga:  Zamroni Aziz : "Wartawan Itu Pendakwah"

“Semoga dengan adanya sosialisasi Empat Pilar ini mampu menjawab tantangan-tantangan tersebut, sehingga bangsa ini semakin kuat dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang adil, maju dan sejahtera akan segera terwujud,” kata Johan Rosihan menutup sosialisasi ini dengan sebuah harapan. (red)