HEADLINE

LPK Harus Jalin Kerjasama dengan Perusahaan

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi NTB, I Gede Putu Aryadi membuka kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek). (Ist)

NUSRAMEDIA.COM — Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi NTB, I Gede Putu Aryadi membuka kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek).

Yakni Bimtek Akreditasi Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Program Pelatihan Kerja dan Produktivitas Tenaga Kerja (PKPTK) di Hotel Lombok Garden.

Kegiatan itu berlangsung selama tiga hari. Yaitu terhitung mulai dari tanggal 11 sampai dengan 13 Juni 2024. Giat itu diikuti oleh 15 LPKS dari 8 Kabupaten/Kota di NTB.

Bahkan adapun narsumber dikegiatan bimtek ini berasal dari pusat maupun daerah. Menurut Kadisbakertrans NTB, LPK memiliki peran penting.

Baca Juga:  Bupati Kukuhkan Masa Jabatan 8 Tahun Bagi 914 Anggota BPD

Terutama sebagai pioner dalam menyiapkan angkatan kerja yang mempunyai kompetensi dan skill sesuai dengan kebutuhan industri/perusahaan baik dalam negeri maupun luar negeri.

“Untuk itu, LPK harus memiliki mutu, sehingga mampu menghasilkan lulusan yang kompeten dan sesuai kebutuhan dunia kerja,” kata mantan Irbanus Inspektorat Provinsi NTB tersebut.

Menurut dia, peran LPK bukan hanya melatih, tetapi juga harus berinovasi dalam menyongsong perkembangan zaman dan teknologi serta bisa menjalin kerjasama dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DuDi).

Baca Juga:  8 Kelompok Nelayan di Sumbawa Dapat Bantuan Kapal Perikanan

Sehingga mampu menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dan skill yang benar-benar dibutuhkan dalam dunia kerja saat ini. “Bila perlu libatkan instruktur dari perusahaan sehingga ketika lulus langsung terserap menjadi pekerja di perusahaan tersebut,” pungkasnya. (red)