SOSMAS

Pendampingan IKM di Dompu : “Makanan Tradisional dalam Kemasan Higienis”

133
Kepala Dinas Perindustrian NTB, Hj Nuryanti (depan kiri) dan Kepala Balai Kemasan Aryanti Dwiyani (belakang kiri)

NUSRAMEDIA.COM — Setelah sebelumnya memberikan pendampingan/pelatihan pengemasan produk bagi Industri Kecil Menengah (IKM) di Sumbawa dan Sumbawa Barat, kini giliran Kabupaten Dompu yang disasar. Dimana tepat pada Jum’at (17/6) lalu, Dinas Perindustrian NTB melalui UPTD Balai Kemasan Produk Daerah (BKPD) melakukan giat pendampingan makanan tradisional dalam kemasan yang higienis.

Yakni tepatnya di Desa Songgajah, Kecamatan Kempo, Kabupaten Dompu, NTB. Kepala Dinas Perindustrian NTB, Nuryanti melalui Kepala Balai Kemasan Produk Daerah, Aryanti Dwiyani yang dikonfirmasi media ini, Senin pagi (20/6) di Mataram membenarkan adanya giat tersebut.

Menurut Aryanti Dwiyani, dikesempatan kali itu ia memberika sebuah materi terkait urgensi kemasan yang bagus, menarik dan tepat untuk produk. Serta menambahkan informasi mengenai platform E-Klinik Desain Merek Kemas (E-KDMK).

Baca Juga:  Taman Bugis dan Jembatan Kerangka Baja Dipercantik

Dimana, kata perempuan yang dikenal ramah itu menerangkan, bahwa kehadiran Balai Kemasan Produk Daerah (BKPD, Disperin NTB) memberikan sebuah layanan kemudahan dalam menggunakan platform E-KDMK sebagai penghubung IKM untuk berkomunikasi dengan pihak Rumah Kemasan.

“Kini Balai Kemasan hadir dengan kemudahan layanan menggunakan platform E-KDMK. Sebagai penghubung IKM untuk dapat berkomunikasi via online dengan rumah kemasan, penyedia barang jasa dan IKM lainnya. Sehingga, dapat mengurangi kendala jarak dan waktu terkait order kemasan produk,” kata Aryanti Dwiyani.

Baca Juga:  Evaluasi Kewajiban Pemegang IUP Batuan se-NTB

Sementara itu, Kepala Seksi (Kasi) Tekhnik Kemasan Firmansyah menyampaikan, bahwa dengan adanya informasi kemasan steril melalui sebuah pelatihan pengemasan akan dapat membuat sebuah produk menarik dan dapat bertahan lebih lama.

Oleh karenanya, ia mengajak semua pihak dapat mendukung para IKM lokal di Provinsi Nusa Tenggara Barat untuk terus berinovasi. Terlebih bersama-sama mendukung kemajuan NTB yang Gemilang. “Mari dukung terus IKM lokal untuk kemajuan NTB Gemilang. Maka mari bela, beli dan cintai produk lokal,” demikian ajak Firmansyah.

Untuk diketahui, dalam giat yang telah berlangsung itu, juga diikuti oleh Pejabat Fungsional Achmadi Widiyanto membersamai Kepala Balai Kemasan Produk Daerah dan Kasi Tekhnik. Nampak para IKM di Dompu terlihat cukup antusias. Upaya yang dilakukan Dinas Perindustrian NTB melalui Balai Kemasan ini juga dalam rangka mensukseskan MXGP Samota.

Baca Juga:  Lalu Wira : "Impelementasi Pancasila Harus Jadi Rujukan Hukum di Indonesia"

Dimana para IKM lokal NTB khususnya di Pulau Sumbawa agar dapat melihat dan memanfaatkan peluang mempromosikan produknya masing-masing dimata dunia melalui event internasional balap motor cross paling elit di dunia yang akan berlangsung 24-26 Juni 2022 dikawasan Samota, Kabupaten Sumbawa, NTB. (red) 

Artikel sebelumyaBang Zul : “Tiada Kata Lelah Melayani Masyarakat”
Artikel berikutnyaDoktor Najam Pastikan Pengawalan Logistik MXGP Aman Tiba di Sumbawa