SOSMAS

Ratusan Peserta BPJS PBI APBD Dinonaktifkan

Kepala Bidang Linjamsos Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Sumbawa, Syarifah. (Ist)

NUSRAMEDIA.COM — Pemkab Sumbawa melalui Dinas Sosial (Disos) secara berkala melakukan verifikasi dan validasi (Verivali) data penerima BPJS Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang bersumber dari APBD.

“Kita secara rutin melakukan verifikasi dan validasi data penerima BPJS PBI,” ungkap Kepala Disos Sumbawa melalui Kabid Linjamsos, Syarifah, Rabu (28/02/2024) kepada wartawan.

Berdasarkan data verivali bulan Januari, ditemukan sebanyak 150 orang peserta yang telang meninggal dunia, dan pindah alamat keluar Kabupaten Sumbawa.

Kemudian pada Bulan Februari dilakukan dua kali verivali. Tahap pertama ditemukan sebanyak 119 orang, dan tahap kedua sebanyak 154 orang. Semuanya telah dinonaktifkan dari kepesertaan.

“Berdasarkan verivali, yang meninggal dunia pindah dan alamat diluar Kabupaten Sumbawa dikeluarkan dari data 2024. Termasuk juga yang lulus PPPK, TNI/Polri, dan dianggap sudah mampu,” terangnya.

Hingga saat ini tambahnya, total 98.888 peserta yang merupakan warga Kabupaten Sumbawa terdaftar sebagai penerima bantuan BPJS PBI ABPD.

Jumlah tersebut mencapai 30 persen dari total penduduk berdasarkan data Dukcapil Sumbawa semester I tahun 2023. “Ini merupakan komitmen Pemda Sumbawa memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk mengakses pelayanan kesehatan,” pungkasnya. (red)