EKBIS

Dorong Tingkatkan Produktivitas, Kepala Disperin NTB Kunjungi Sejumlah IKM

Kepala Dinas Perindustrian (Disperin) Provinsi Nusa Tenggara Barat, Nuryanti mengunjungi sejumlah IKM yang ada di Kota Mataram dan Kabupaten Lombok Barat. (Ist)

NUSRAMEDIA.COM — Kepala Dinas Perindustrian (Disperin) Provinsi Nusa Tenggara Barat, Nuryanti mengunjungi sejumlah IKM yang ada di Kota Mataram dan Kabupaten Lombok Barat, Selasa (16/01/2024).

Adapun IKM yang dikunjungi Nuryanti. Antara lainnya seperti IKM Roti Luna Bakery, Sasak Maiq Lombok lingkup Kota Mataram dan Kerupuk Ikan Tingkol, Kabupaten Lombok Barat.

Luna Bakery usaha roti yang cukup terkenal ditataran masyarakat Mataram. Karena pilihan menu dan harganya yang terjangkau. Ini membuat konsumen tergiur dalam berkunjung menikmati menu yang disediakan.

“Kami berharap kepada Pemprov NTB dan Disperin khsususnya melalui kunjungan ini kami bisa dibantu dalam mengeksplore produk lokal kami,” harap Kasim.

Baca Juga:  HIPMI NTB Cari Ketua Umum Baru

“Karena semua menu yang kami siapkan murni hasil tangan anak muda Mataram NTB,” sambung pria yang juga merupakan Penanggungjawab Luna Bakery ini.

Nuryanti merespon hal tersebut akan melakukan business matching kepada semua stakeholder dalam upaya membranding produk lokal.

Setelah dari Luna Bakery team Diseperin NTB selanjutnya mengunjungi IKM makanan atau snack yang di Lombok barat yaitu Sasak Maiq. Sebuah usaha yang mencoba memanfaatkan pelepah pisang, jantung pisang yang diolah menjadi kripik dan makanan lainnya.

Usaha yang sudah berdiri cukup lama yang memberdayakan masyarakat setempat, mereka berharap bisa dibantu dalam proses kemasan dan alat produksi lainnya.

Baca Juga:  HIPMI NTB Cari Ketua Umum Baru

Dalam hal yang sama Kadisperin pun merespon hal tersebut akan segera membantu segala hal apa yang menjadi kebutuhan dan akan mencoba kolaborasi dari segala aspek yang menjadi kebutuhan lainnya.

Terakhir yaitu berkunjung ke IKM Krupuk Ikan Tongkol. Usaha rumahan yang memanfaatkan sumber daya alam lainnya seperti ikan tongkol lainnya yang di olah menjadi krupuk.

Ramdan selaku Owner IKM tersebut menyampaikan beberapa hal yang menjadi kendala dan kebutuhan peralatan dan kemasan lainnya seperti alat pemotong, food processor, dan alat kebutuhan lainnnya.

Nuryanti merespon hal tersebut dengan meminta untuk segera mengirimkan proposal pengajuan dengan jabaran segal hal yang menjadi kendala dan kebutuhan lainnya.

Baca Juga:  HIPMI NTB Cari Ketua Umum Baru

Ia pun optimis akan membantu segala hal yang bisa digarap semaksimal mungkin. Hingga sebagai mitra yang akan menjadi gandengannya ialah Bank NTB Syariah.

“IKM-IKM kita sangat memiliki ide dan inovasi yang cukup luar biasa, namun jarang di tahu sama orang banyak bahkan pemerintah,” kata Kepala Disperin NTB.

“Harapannya dengan seperti ini ada banyak hal yang tertutup yang tidak terjangkau bisa kami bantu dan bimbing hingga memiliki perkembangan yang berkemajuan untuk ekosistem perekenomian daerah,” imbuhnya. (red)