HEADLINE

Beri Pemeriksaan Gratis, Pemda Sumbawa Deteksi Dini Kanker Leher Rahim dan Kanker Payudara

Pemerintah Daerah (Pemda) Sumbawa melalui Puskesmas Unit I melakukan pemeriksaan kepada masyarakat. Pemeriksaan kesehatan oleh Pemda melalui Puskesmas Unit I terhadap masyarakat Sumbawa itu dilakukan secara gratis. (Ist)

NUSRAMEDIA.COM — Pemerintah Daerah (Pemda) Sumbawa melalui Puskesmas Unit I melakukan pemeriksaan kepada masyarakat. Pemeriksaan kesehatan oleh Pemda melalui Puskesmas Unit I terhadap masyarakat Sumbawa itu dilakukan secara gratis.

Ini untuk mendeteksi penyakit kanker leher rahim dan kanker payudara sekaligus sunatan massal. Pemeriksaan ini pula, merupakan rangkaian dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten Sumbawa yang ke-65.

Kegiatan itu berlangsung pada Kamis (18/01/2024) di Puskesmas Unit I Sumbawa. Dibukaoleh Staf Ahli Bupati Bidang SDM dan Kemasyarakatan, Abdul Aziz. Dalam sambutan tertulis Bupati Sumbawa, Staf Ahli menyampaikan, kanker merupakan salah satu musuh terbesar.

Baca Juga:  Kunci Tiket NasDem dan PKB, Jarot-Ansori Makin "Pede" Tatap Pilkada Sumbawa

Terutama soal kesehatan masyarakat dan deteksi dini adalah kunci utama untuk memastikan penanganan yang efektif. Oleh karenanya, kegiatan deteksi dini kasus kanker leher rahim dan kanker payudara serta pelayanan KB gratis yang dilaksanakan itu adalah langkah konkret.

“Terutama untuk memastikan kesehatan dan kesejahteraan ibu-ibu, istri, saudara perempuan, dan keluarga kita secara umum,” ungkapnya. “Melalui deteksi dini ini kita berkomitmen untuk memberikan layanan kesehatan yang lebih baik dan lebih terjangkau bagi seluruh masyarakat Kabupaten Sumbawa,” imbuhnya.

Baca Juga:  Gerindra Resmi Usung Farin-Khairatun di Pilkada Lombok Barat

Ditegaskan, pihaknya ingin memastikan bahwa setiap wanita memiliki akses mudah dan cepat untuk mendeteksi dan mengatasi masalah kesehatan sejak dini.

“Saya mengajak seluruh masyarakat untuk mendukung upaya ini dengan mengedepankan pola hidup sehat, rajin melakukan pemeriksaan kesehatan, dan mengajak keluarga serta teman-teman untuk ikut serta,” ujarnya.

Menurutnya, pelayanan KB gratis yang diberikan itu adalah bentuk nyata perhatian pemerintah terhadap upaya pengendalian pertumbuhan penduduk yang sehat dan terencana kesejahteraan keluarga.

Dimana sangat tergantung pada kemampuan untuk merencanakan dan mengelola kehidupan berkeluarga. “Saya mengajak seluruh elemen masyarakat, instansi pemerintah dan sektor swasta untuk bersatu dalam upaya mewujudkan kabupaten Sumbawa yang lebih sehat dan cerdas,” katanya.

Baca Juga:  Semeton BZ Front Selatan Deklarasikan Diri Dukung Zul-Uhel Untuk NTB

“Mari kita jadikan peringatan Hut ke-65 ini sebagai momentum untuk terus bersama-sama membangun dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat Kabupaten Sumbawa,” demikian ia menambahkan. (red)