HEADLINE

Disnakeswan Sumbawa Siap Laksanakan Vaksinasi Hingga Renovasi RPH

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Kabupaten Sumbawa, H Junaidi. (Ist)

NUSRAMEDIA.COM — Menteri Pertanian (Mentan) RI Andi Amran Sulaiman beberapa waktu lalu melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Sumbawa. Kedatangannya tersebut juga sekaligus memberikan bantuan sekitar Rp 15,4 miliar, yakni terdiri dari bantuan vaksin rabies, vaksin SE, renovasi RPH, pembangunan pengolahan pakan, dan operasional puskeswan.

Terhadap bantuan tersebut, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Kabupaten Sumbawa, H Junaidi mengaku siap melaksanakan berbagai kegiatan, termasuk vaksinasi terhadap ternak. “Jadi dari total 15 koma sekian miliar itu ada beberapa kegiatan yang akan kita laksanakan,” ujarnya kepada wartawan, Jum’at (2/2/2024)

Baca Juga:  PDIP NTB Santai Sikapi Mundurnya LBS

Adapun beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan yakni vaksinasi SE untuk ternak sapi. Kemudian ada juga bantuan vaksinasi Rabies untuk hewan pembawa rabies khususnya anjing sebanyak 5.000 dosis. “Jadi beberapa kegiatan seperti vaksinasi-vaksinasi itu gratis, karena memang disiapkan dana BOPnya daripada kegiatan tersebut,” terangnya.

Ditambahkan, pihaknya juga akan melaksanakan rehab Rumah Potong Hewan (RPH) Alas, dengan anggaran sekitar Rp 2 miliar. Kemudian ada rencana pembangun bank pakan sebanyak 15 unit, dimana masing-masing unit mendapatkan Rp 400juta, dengan rincian Rp 200juta fisik bangunan, dan Rp 200juta untuk peralatan. Selain itu, Disnakeswan juga akan melaksanakan beberapa kegiatan lainnya seperti pembangunan sumur bor, jalan usaha tani, jaringan irigasi, serta lainnya. (red) 

Baca Juga:  Pendaftar di BLK Sumbawa Tinggi Peminat