HEADLINE

Laboratorium Praktik Hukum FHISIP Unram Gelar Praktik Kemahiran Hukum

Laboratorium Praktik Peradilan dan Kemahiran Hukum (LP2KH) Fakultas Hukum Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FHISIP) Universitas Mataram (Unram) menggelar Pelatihan Praktik Kemahiran Hukum. (Ist)

NUSRAMEDIA.COM — Guna meningkatkan pengetahuan dan skill mahasiswa hukum, Laboratorium Praktik Peradilan dan Kemahiran Hukum (LP2KH) Fakultas Hukum Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FHISIP) Universitas Mataram (Unram) menggelar Pelatihan Praktik Kemahiran Hukum.

Giat yang berlangsung dari tanggal 23 hingga 24 Mei 2024 itu terlaksana di ruang Praktik Peradilan FHISIP setempat. Terbagi beberapa sesi, pelatihan difokuskan untuk simulasi praktik pembuatan dokumen hukum perkara perdata.

Pada sesi pertama, pelatihan difokuskan untuk simulasi praktik pembuatan dokumen Perkara Pedata yang dilaksanakan di ruang praktik peradilan Fakultas Ilmu Hukum, Ilmu Soial dan Ilmu Politik Universitas Mataram 23 Mei-24 Mei 2024. Dimulai dengan pelatihan membuat gugatan perdata.

Baca Juga:  Karman Intens Temui Warga Mataram

Materi ini disampaikan langsung oleh Dosen FHISIP Unram Hotibul Islam, SH, M.Hum. Setelah itu, pada sesi kedua kegiatan dilanjutkan dengan pelatihan pembuatan jawaban gugatan yang disampaikan oleh advokat senior Munzirin SH.

Sedangkan di sesi ketiga dilanjutkan dengan pelatihan pembuatan replik oleh Lalu Syaipuddin Gayep SH, MH. Kegiatan itu diikuti sekitar 25 mahasiswa program studi (prodi) FHISIP Unram. Hotibul Islam menyampaikan, beberapa hal dihadapan para peserta.

Menurut dia, mahasiswa tidak cukup dengan teori-teori hukum, tetapi penting juga untuk mendalami praktik hukum acara. Ini untuk menyiapkan diri dalam profesi hukum seperti hakim, jaksa, pengacara dan sebagainya. “Kunci mahasiswa hukum adalah bagaimana mengasah lisan dan tulisan,” tegasnya.

Baca Juga:  Polisi Ringkus Dua Terduga Pelaku Pencurian Rp500 Juta

Ditambahkan pula oleh Ketua LP2KH FHISIP Unram, Lalu Syaipuddin Gayep, melalui adanya giat ini, diharapkan akan memberikan manfaat yang baik. Terutama dalam melahirkan pekerja hukum. “Pelatihan ini kedepanya diharapkan melahirkan pekerja-pekerja hukum yang progresif,” harap pria yang kerap disapa Gayep ini.

Tak hanya itu, dia juga menyampaikan bahwa, kegiatan ini kedepanya tidak hanya ditujukan untuk dokumen perkara perdata, akan tetapi juga dokumen perkara lainnya. Yakni seperti dokumen perkara pidana, PTUN, eksaminasi putusan dan penyusunan legal opinion.

Baca Juga:  PDIP Dukung Mohan Roliskana di Pilkada Kota Mataram

Untuk diketahui, kegiatan pelatihan ini juga dapat terselenggara atas dukungan penuh Rektor Unram dan Dekan Fakultas Hukum Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mataram. Oleh karenanya, Gayep tak lupa mengucapkan terimakasih atas dukungan dan kerjasamanya, sehingga kegiatan tersebut dapat terselenggarakan. (red)