HEADLINE

Masa Jabatan Mereka Akan Diperpanjang

Kepala Dinas PMD Kabupaten Sumbawa, Rachman Ansori. (Ist)

NUSRAMEDIA.COM — Melaksanakan amanat UU Nomor 3 Tahun 2024 tentang Perubahan Kedua Atas UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, maka Pemerintah Kabupaten Sumbawa akan melakukan perpanjangan masa jabatan Kepala Desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang semula 6 tahun menjadi 8 tahun yang akan ditetapkan dengan Keputusan Bupati Sumbawa.

Demikian disampaikan Rachman Ansori, Kepala Dinas PMD Kabupaten Sumbawa sekembalinya dari melaporkan tindak lanjut UU Nomor 3 Tahun 2024 kepada Bupati Sumbawa, Kamis (22/05/2024) di ruang kerjanya. “Alhamdulillah, Bapak Bupati langsung menginstruksikan kepada Dinas PMD untuk segera berkoordinasi dengan pihak terkait,” katanya.

Baca Juga:  Muhammad Nasir Tak Jadi Maju Pilkada KSB?

“Dan melaksanakan langkah-langkah administratif yang cermat dan tepat sesuai regulasi dalam proses perpanjangan masa jabatan Kepala Desa dan BPD di Kabupaten Sumbawa,” sambung Ansori. Lebih lanjut diuraikannya, dari 157 Kepala Desa se-Kabupaten Sumbawa yang akan dikukuhkan perpanjangan masa jabatannya menjadi 8 tahun adalah sebanyak 155 Kepala Desa.

Sedangkan 2 desa yang saat ini dijabat oleh Penjabat Kepala Desa karena Kepala Desa yang terdahulu meninggal dunia akan diselenggarakan Pilkades langsung sambil menunggu arahan regulasi lebih lanjut dari pemerintah pusat. Sementara Badan Permusyawaratan Desa yang akan diperpanjang masa jabatannya adalah sebanyak 915 orang se-Kabupaten Sumbawa.

Baca Juga:  Dislutkan Sumbawa Ajak Masyarakat Cegah Destructive Fishing

“Saat ini, kami di Dinas PMD sedang melakukan penelitian berkas, menyusun draf SK dan terus berkoordinasi intens dengan Inspektorat, Bagian Hukum, Pemerintah Provinsi dan Kemendagri,” jelas mantan Kepala Dinas Komonfotiksandi Sumbawa tersebut. Dalam laporannya kepada Bupati, Ansori menargetkan acara pengukuhan atau menyerahkan SK Bupati Sumbawa tentang Perpanjangan Masa Jabatan Kepala Desa sebagai tindak lanjut amanat UU Nomor 3 Tahun 2024 akan dilaksanakan pada bulan Juni 2024 mendatang secara serentak di Halaman Kantor Bupati Sumbawa. Setelahnya akan diberlakukan juga penyerahan SK perpanjangan masa jabatan kepada BPD. (red)

Baca Juga:  MO-BJS Deklarasi 21 Juli