HEADLINE

NTB Akan Selenggarakan Pameran Beasiswa Terbesar

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Nusa Tenggara Barat mengambil langkah cepat untuk mempersiapkan lebih banyak calon awardee yang bisa diharapkan mendapatkan beasiswa. (Ist)

NUSRAMEDIA.COM — Pemerintah Provinsi (Pemprov) Nusa Tenggara Barat mengambil langkah cepat untuk mempersiapkan lebih banyak calon awardee yang bisa diharapkan mendapatkan beasiswa dari berbagai sponsor atau lembaga pemberi beasiswa.

Plt Kepala BRIDA Provinsi NTB Lalu Suryadi menjelaskan bahwa, pada tanggal 25 November 2023 Pemprov melalui Brida NTB bekerjasama dengan berbagai pihak. Diantaranya, Indonesia Scholarship Center (ISC), LPP NTB, Universitas Mataram.

Dimana akan menyelenggarakan World Indonesia Scholarship Festival (WISH) atau Festival Melek Masa Depan bertempat di Auditorium M Yusuf Abubakar Universitas Mataram (UNRAM).

Menurut Suryadi, kegiatan ini merupakan festival pendidikan, beasiswa, dan karier terbesar di Indonesia yang melambangkan harapan untuk mewujudkan pemerataan kesempatan beasiswa, pendidikan dan karier bagi seluruh masyarakat Indonesia, khususnya di NTB.

Baca Juga:  Kasdim 1607 Sumbawa Resmikan Mushollah Swadaya Koramil Moyo Hulu

Menurut Suryadi, pameran ini rencananya akan dihadiri oleh 8.000 peserta terdiri dari mahasiswa, pelajar SLTA/SMK/MA dan masyarakat akan menghadirkan narasumber dari Perwakilan Lembaga Pemerintah RI, Perwakilan Lembaga Luar Negeri, Perwakilan Lembaga Korporasi.

Kemudian Perwakilan Lembaga Yayasan/Foundation, Perwakilan Organisasi Pendidikan,Perwakilan Alumni Beasiswa Perwakilan Universitas Dalam dan Luar Negeri Perwakilan Dunia Usaha dan Dunia Industri, Perwakilan Lembaga Bahasa hingga Perwakilan Lembaga Karier.

Penjabat (Pj) Gubernur NTB H Lalu Gita Ariadi menyatakan bahwa, pameran beasiswa terbesar yang dilaksanakan dengan menggandeng multipihak adalah wujud keseriusan Pemprov untuk meningkatkan kualitas SDM Provinsi NTB melalui program beasiswa yang lebih kredibel.

Baca Juga:  NTB Dorong Transformasi Ekonomi Melalui Industrialisasi

Ada dua strategi besar yang sedang disiapkan. Pertama menggandeng mitra kolaborasi yang serius sebanyak-banyaknya. “Mitra yang siap menerima dan membiayai studi anak-anak NTB yang berprestasi untuk level S1, S2 sampai S3 ke dalam dan luar negeri,” ujar mantan Sekda NTB ini.

Strategi kedua, masih sambung Lalu Gita Ariadi, adalah mempersiapkan sebanyak-banyaknya mahasiswa agar siap memenuhi segala kriteria yang dipersyaratkan oleh sponsor maupun lembaga pendidikan yang menjadi tujuan.

Dijelaskannya, untuk lokasi belanja yang digelontorkan dalam mendukung beasiswa ini akan berbasis pada kewenangan. “Saya akan instruksikan kepada Dinas Dikbud agar mengalokasikan anggaran yang memadai untuk peningkatan kapasitas Bahasa Asing lulusan SMA/SMK,” katanya.

Baca Juga:  NTB Jaga Stabilitas Harga Bapok Jelang Hari Raya Idul Adha

“Sehingga memenuhi standar toefl, IELTS atau apapun yang dipersyaratkan oleh sponsor. Rekrut guru Bahasa Asing terbaik, bekali kemampuannya dengan pelatihan dan pendidikan berkelanjutan. Upaya ini akan menghantarkan kita untuk melahirkan generasi emas sehingga siap membawa NTB Maju dan Melaju,” lanjutnya sembari mengapresiasi semua pihak yang berkontribusi mensukseskan pameran pendidikan ini. (red)