HEADLINE

Penyaluran Bantuan Pangan CBP di Sumbawa Sedang Berlangsung

Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Sumbawa, Irin Wahyu Indarni. (Ist)

NUSRAMEDIA.COM — Setelah berhasil menyalurkan Bantuan Pangan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) tahap I tahun 2024, kini pemerintah sedang menyalurkan bantuan pangan CBP tahap II untuk tiga bulan kedepan dalam tahun 2024 ini.

“Tahap pertama sudah selesai. Sekarang untuk April, Mei, dan Juni ini tahap kedua,” ungkap Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Sumbawa, Irin Wahyu Indarni kepada wartawan.

Adapun sasaran dari Penerima Bantuan Pangan (PBP) adalah masyarakat miskin dan yang mengalami rawan pangan dan gizi di Kabupaten Sumbawa meliputi 24 Kecamatan 165 Desa/ Kelurahan.

Baca Juga:  Pembelian Lahan Samota Ditegaskan Tak Bakal Sia-Sia

Dengan jumlah sebanyak 49.581 PBP, yang dikeluarkan oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI. Ditegaskan, data jumlah PBP tidak bisa dirubah, dengan melakukan pengurangan atau penambahan.

Yang bisa dilakukan yakni perubahan data penerima. “Bisa ada perubahan data penerima. Penambahan tidak bisa,” tegasnya. Diungkapkan, sejauh ini ada data yang telah direvisi.

Karena dinilai ada data penerima yang tidak sesuai di lapangan. “Yang tau itu Kades, RT, RW. Sehingga ada dikeluarkan revisi juknis. Saat data tidak sesuai, dia bisa diganti dengan format pengganti,” katanya.

Baca Juga:  Jalur Prestasi "Dinolkan" Untuk PPDB 2024

“Harus ada alasan pengganti, misal meninggal dunia, tidak ditemukan alamat, atau sudah keluar dari kemiskinan. Yang bisa keluarkan itu pejabat setempat yang memiliki stempel,” imbuhnya.

Penyaluran bantuan pangan CBP tahun 2024 sejauh ini berjalan lancar dan sukses. Penerima memperoleh bantuan pangan beras sejumlah 10 Kg setiap bulan selama 6 bulan, mulai Januari sampai Juni 2024. Tahap I diberikan pada Januari-Maret 2024, Tahap II diberikan pada April-Juni 2024.

Penyedia bantuan pangan berupa beras dilaksanakan oleh Perum Bulog Sub Divre Wilayah Sumbawa. PT. Jasa Prima Logistic selaku transporter yang bertugas mengantarkan/menyalurkan dari gudang Bulog sampai ke PBP. (red) 

Baca Juga:  NTB Jaga Stabilitas Harga Bapok Jelang Hari Raya Idul Adha