HEADLINE

Ratusan Yachter Akan Nikmati Pesona Sumbawa

Sekretaris Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sumbawa, Muhammad Irfan. (Ist)

NUSRAMEDIA.COM — Ratusan yachter akan kembali ke Kabupaten Sumbawa di Tahun 2024 ini. Para yachter ini datang menggunakan puluhan yacht (perahu layar), pada kegiatan Sail Indonesia pada September mendatang.

Sekretaris Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sumbawa, Muhammad Irfan mengatakan, event Sail Indonesia itu rutin dilaksanakan setiap tahun. Dalam hal ini, Kabupaten Sumbawa menjadi destinasi utama.

Adapun jumlah yacht yang diperkirakan tiba di Kabupaten Sumbawa sekitar 30 hingga 50 unit. Dimana masing-masing yacht memuat dua hingga empat penumpang. “Jadi ada total sekitar 22 destinasi se-Indonesia yang dikunjungi oleh kapal layar Sail Indonesia,” ujar Irfan, Senin (13/5/2024).

Baca Juga:  Gerindra Diharapkan Merapat Ikut Dukung Jarot-Budi

Dipaparkan, sesuai jadwal yang disampaikan pelaksana, kegiatan tersebut akan berlangsung mulai 17 hingga 22 September 2024 mendatang. Dimana dari keseluruhan destinasi, Kabupaten Sumbawa mendapat jadwal singgah terlama.

Untuk daerah lain, jadwal tinggal para yachter ini maksimal empat hari. Sementara di Kabupaten Sumbawa, jadwal tinggalnya hingga enam hari. Tentunya, lanjut Irfan, hal ini akan berdampak positif bagi pengembangan perekonomian masyarakat di lokasi yang menjadi tujuan wisata.

Karena peserta Sail Indonesia ini akan turun mengunjungi tempat-tempat yang paling unik yaitu desa wisata yang memang sudah disiapkan. Contohnya, saat kegiatan tahun lalu, para yachter ini diajak untuk ke Desa Batu Dulang Kecamatan Batu Lanteh.

Baca Juga:  Jalur Prestasi "Dinolkan" Untuk PPDB 2024

Dalam kegiatan ini, para yachter memborong semua produk andalan dan produk UMKM yang dijual masyarakat setempat. “Kalau tahun ini kita sengaja mengajak ke destinasi wisata Batu Dulang,” katanya.

“Untuk melihat prosesi pengolahan kopi tradisional dan pandai besi di Batu Alang. Kemudian kita suguhkan juga dengan mini barapan kebo. Itu yang menjadi hal yang utama yang sangat menarik,” terangnya.

Lebih lanjut Irfan mengatakan, tahun ini sejumlah destinasi wisata sudah disiapkan sebagai lokasi kunjungan. Namun, ada dua ikon utama, yakni wisata hiu paus dan barapan kebo. Dimana kedua destinasi tersebut yang menjadi tujuan utama para yachter. (red)

Baca Juga:  NTB Jaga Stabilitas Harga Bapok Jelang Hari Raya Idul Adha