HEADLINE

Tiga Kelompok Budidaya Bandeng Terima Bantuan Sarpras

Pemda Sumbawa melalui Dinas Kelautan dan Perikanan menyalurkan bantuan sarpras penunjang bagi pengembangan kelompok budidaya bandeng di Desa Kukin Kecamatan Moyo Utara. (Ist)

NUSRAMEDIA.COM — Pemda Sumbawa melalui Dinas Kelautan dan Perikanan menyalurkan bantuan sarana dan prasarana (Sarpras) penunjang bagi pengembangan kelompok budidaya bandeng di Desa Kukin Kecamatan Moyo Utara, Senin (8/7/2024).

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Sumbawa melalui Kepala Bidang Perikanan Budidaya, Naeli Zakiya S.Pi., M.T kepada wartawan mengatakan, ada tiga kelompok budidaya bandeng yang menerima bantuan, yaitu Pokdakan Batu Awang, Pokdakan Padak Tui dan Pokdakan Padak Sira.

Diungkapkannya, bantuan sarpras yang disalurkan akan dilakukan secara bertahap dan untuk masing-masing kelompok penerima. Dimana yang sudah diserahkan yaitu saponin 400 kg dan pakan 2.700 kg. Kemudian bantuan lainnya akan menyusul berupa pupuk urea 1.000 kg, benih bandeng / nener 100.000 ekor, pompa air 1 unit dan keranjang panen 20 buah.

Baca Juga:  PDIP Dukung Mohan Roliskana di Pilkada Kota Mataram

“Bantuan yang disalurkan akan dilakukan secara bertahap. Alhamdulillah tadi sudah ada saponin 400 kg dan pakan 2.700 kg, dan untuk bantuan lainnya akan segera menyusul,” ujar. Naeli menjelaskan, anggaran bantuan tersebut bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dengan nilai Rp 88.870.250 per paket.

Bantuan ini juga diharapkan dapat mengembangkan usaha kelompok budidaya bandeng di Desa Kukin, sehingga meningkatkan penghasilan dan kesejahteraan bagi pembudidaya. “Bantuan ini tujuannya untuk membantu penyediaan sarana dan prasarana budidaya ikan bagi pembudidaya ikan skala kecil. Kemudian meningkatkan produksi ikan (bandeng) yang diharapkan juga menambah penghasilan yang berkontribusi bagi kesejahteraan pembudidaya,” pungkasnya. (red)

Baca Juga:  Demokrat NTB Instruksikan Seluruh Kader Tegak Lurus