NASIONAL

Diskusi dengan Milenial Sumbawa, Johan Rosihan : Generasi Muda Penentu Arah Daerah Nantinya !

Anggota DPR RI dari Dapil NTB 1 Pulau Sumbawa/Sekretaris Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) MPR RI Johan Rosihan, menggelar pertemuan dengan generasi milenial Kabupaten Sumbawa beberapa hari lalu. (Ist)

NUSRAMEDIA.COM — Dalam rangkaian kunjungan kerjanya dibeberapa wilayah di Pulau Sumbawa, Sekretaris Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) MPR RI Johan Rosihan, menggelar pertemuan dengan generasi milenial Kabupaten Sumbawa beberapa hari lalu.

Pertemuan yang juga dirangkaikan dengan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI dihadiri oleh pemuda-pemudi dari 24 Kecamatan di Kabupaten Sumbawa. Acara yang dihadiri oleh tokoh agama, tokoh masyarakat, serta sebagian besarnya adalah mahasiswa Universitas Teknologi Sumbawa tersebut berlangsung di Rumah Aspirasi Johan Rosihan.

Dalam sosialiasi tersebut Johan menyampaikan pentingnya berpegang teguh pada Empat Pilar MPR RI. “Empat Pilar itu ada Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara kita. Pancasila berisi lima sila yang menjadi nilai-nilai luhur bangsa. Lalu ada NKRI. Bangsa yang sangat beragam ini bersatu dalam NKRI sehingga menjadi kuat tak tergoyahkan. Kemudian Bhinneka Tunggal Ika yang merupakan semboyan pemersatu bangsa,” jelasnya.

Melihat pentingnya Empat Pilar bagi keberlangsungan NKRI, Anggota Komisi IV DPR RI tersebut lebih jauh menjelaskan tentang peran anak muda dalam pembangunan. “Usia muda adalah usia pembentukan pola pikir yang tepat. Mencari pengalaman dan pengetahuan sebanyak-banyaknya,” kata Johan Rosihan.

“Tentu tujuan akhirnya adalah agar kita punya peran terhadap pembangunan di sekitar kita terutama pembangunan di daerah Sumbawa. Saya membayangkan berkat anak muda seperti teman-teman inilah sepuluh hingga dua puluh tahun kedepan Sumbawa akan mengalami perubahan yang tidak kalah dengan kota-kota lain di Indonesia,” sambungnya.

Dalam kesempatan itu pula, Johan menyampaikan kesiapan menghadapi tahun politik atau pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang. Johan Rosihan berharap generasi muda bijak memberikan hak pilihnya, sehingga muncul pemimpin yang mampu mensejahterakan rakyat secara keseluruhan.

“Kerap kali terjadi, anak muda enggan bicara politik, tidak mau terlibat politik sehingga akhirnya tidak mau menentukan suara saat pemilu. Ini sangat disayangkan, sebab hak suara teman-teman itu berharga. Pengetahuan tentang politik harus dimiliki oleh siapapun. Terlebih generasi muda sebagai penentu arah daerah nantinya,” ungkapnya.

Politisi dari partai PKS tersebut juga menambahkan jika dirinya akan kembali maju sebagai DPR RI dari Dapil 1 Pulau Sumbawa. “Saya sangat menginginkan agar tingkat kemiskinan di Pulau Sumbawa menurun serta tingkat ekonominya sama dengan daerah-daerah lain. Untuk itu, pemimpin (Pulau Sumbawa) selanjutnya harus memperhatikan betul hal ini terutama bidang pertanian dan perikanan harus lebih ditingkatkan. Saya mohon doanya agar lancar. Saya lakukan demi rakyat Pulau Sumbawa,” tambahnya.

Diskusi yang berlangsung hangat tersebut diapresiasi baik oleh pemuda yang hadir. Mereka aktif menyampaikan harapan serta pandangannya yang disambut oleh Johan Rosihan. Bersama dengan para pemuda tersebut, anggota DPR RI jebolan asal Dapil NTB 1 Pulau Sumbawa tersebut berkomitmen untuk mengawal perubahan Pulau Sumbawa, NTB. (red)