OLAHRAGA

Cabang Olahraga Kurash Terbentuk, Asnirawati Jadi Ketua Pengprov Ferkushi NTB

158
Ketua Pengurus Provinsi (Pengprov) Federasi Kurash Indonesia (Ferkushi) Nusa Tenggara Barat, Drs Hj Asnirawati. (Ist)

NUSRAMEDIA.COM — Cabang Olahraga (Cabor) baru di Provinsi Nusa Tenggara Barat kini bertambah, yakni bernama Kurash. Cabor bela diri ini resmi terbentuk pada 28 September 2022 lalu. Dimana perempuan yang bernama Asnirawati ini ditetapkan sebagai Ketua Pengurus Provinsi (Pengprov) Federasi Kurash Indonesia (Ferkushi) NTB. Penetapannya berdasarkan surat keputusan pengurus pusat.

Yaitu SK Pengurus Besar (PB) Ferkushi) dengan Nomor : 38/SK/PB.Ferkushi/IX/2022 tertanggal 28 September 2022 yang ditandatangani Ketua Umum PB Ferkushi, Mayjen TNI (Purn) A Hafil Fuddin. SK PB Ferkushi atas penetapan Asnirawati sebagai Ketua Pengprov Ferkushi NTB untuk masa bakti 2022-2026 itu, diserahkan M Nur Haedin selaku pemegang mandat pembentukan Pengprov Ferkushi NTB.

Adapun hal ini disaksikan Ketua Umum KONI NTB, Mori Hanafi di Aula Rapat Kantor KONI NTB, Sabtu (8/10/2022). M Nur Haedin yang juga Sekretaris Umum KONI NTB menyampaikan, sesuai tugas yang diberikan PB Ferkushi kepadanya untuk membentuk Pengprov Ferkushi NTB Juli lalu melalui proses hingga diterbitkannya SK PB Ferkushi.

Selanjutnya SK disampaikan kepada Ketua dan jajaran pengurus Ferkushi NTB. Dalam pertemuan tersebut disepakati pada akhir Oktober ini akan dilakukan pelantikan oleh Ketua Umum PB Ferkushi. Dimana Pengprov Ferkushi NTB diketuai Asnirawati. Bahkan jajaran Pengprov Ferkushi NTB perdana ini bertekad mengikuti Turnamen Nasional Kurash U-25 di Padepokan Silat TMII Jakarta Timur pada tanggal 18 hingga 21 November 2022 mendatang.

Baca Juga:  Gempur Rokok Ilegal di NTB, Bang Zul : "Jangan Galak-Galak"

Ketua Umum KONI NTB Mori Hanafi menyampaikan selamat dan berpesan kepada Pengurus Ferkushi NTB agar bekerja secara serius dalam mengembangkan cabang olahraga ini. Diharapkannya Kurash NTB sebagai cabor baru segera menyesuaikan diri dan bisa ikut serta pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) yang direncanakan pada tahun 2023 mendatang. Dia yakin kedepan Kurash NTB bisa menorehkan prestasi terbaik.

Karena melihat potensi atlet bela diri di NTB. “Untuk itu, pengurus baru ini agar sungguh-sungguh menyiapkan atlet dan pelatih menghadapi kejuaraan nasional, Pra PON mendatang,” demikian Mori Hanafi. Sementara itu, Asnirawati menyampaikan terimakasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepadanya. Mantan Kabag Pemberitaan pada Biro Humas dan Protokol Setda NTB itu mengaku akan siap mengemban amanah dengan sebaik-baiknya.

Baca Juga:  Kejuaraan Sepak Takraw Gubernur NTB Cup II 2022 : Sumbawa Borong Juara

Bahkan, perempuan yang akrab disapa Hajjah Asni itu menegaskan pihaknya akan segera mempersiapkan acara pelantikan. Selanjutnya akan membentuk pengurus cabang di Kabupaten/Kota lingkup NTB. Tak hanya itu, Hajjah Asni juga mengatakan bahwa pihaknya akan bergerak cepat untuk mempersiapkan para atler untuk mengikuti kegiatan di Jakarta pada November mendatang. “Bergerak cepat untuk mempersiapkan atlet untuk mengikuti Turnamen Nasional Kurash U-25 di Jakarta, November 2022 mendatang dengan mengirim sejumlah atlet,” demikian perempuan yang dikenal santun dan ramah itu menambahkan.

APA ITU KURASH ?

Kurash adalah jenis olahraga bela diri yang memiliki gerakan dasar saling membanting dengan mengaitkan baju khusus. Olahraga Kurash berasal dari wilayah Tatarstan, Asia Tengah atau yang sekarang dikenal dengan wilayah Uzbekistan. Pada dasarnya, Kurash memiliki teknik bela diri yang hampir sama dengan judo dan gulat. Bedanya, Kurash hanya boleh menggunakan bantingan atas dengan tangan dan tidak boleh bantingan bawah atau menggunakan kaki.

Bagi masyarakat NTB, olahraga Kurash memang masih asing terdengar. Cabang olahraga Kurash untuk pertama kalinya dipertandingkan pada Asian Games 2018 lalu di Jakarta-Palembang. Disini, Indonesia sebagai tuan rumah wajib ambil bagian dalam cabor baru ini. Hal itu juga akan berlaku untuk NTB, yang mana saat akan menjadi tuan rumah PON XXII tahun 2028 mendatang.

Oleh karenanya, NTB wajib mengambil bagian di cabor ini. Secara nasional, PB Ferkushi sudah banyak melaksanakan agenda-agenda penting. Seperti Kejurnas Kurash untuk seleksi atlet nasional dan berpartisipasi dalam SEA Games 2019 di Manila. Selain dalam ajang multi event tingkat Asia dan Asia Tenggara, Team Kurash Indonesia juga pernah mengikuti kejuaraan pada World Martial Arts Masterships tahun 2019 di Chungju, Korea Selatan.

Untuk meningkatkan prestasi cabang olahraga Kurash di Indonesia, PB Ferkushi terus melakukan pembinaan dengan mengadakan pendidikan dan pelatihan. Kepengurusan Ferkushi di Provinsi juga terus bertambah dan ditargetkan tahun 2022 seluruh provinsi di Indonesia sudah ada kepengurusan Ferkushi. Cabor ini pun sudah melaksanakan eksebisi di PON XX Papua dan siap dipertandingkan secara resmi di PON XXI tahun 2024. (red) 

Baca Juga:  Persiapan Porprov XI/NTB 2023 Terus Dimatangkan
Artikel sebelumyaPara Anak Mitra Berprestasi di Mataram dapat Beasiswa Grab : “Terimakasih Grab dan BenihBaik”
Artikel berikutnyaBANK NTB SYARIAH : SELAMAT MEMPERINGATI MAULID NABI MUHAMMAD SAW