SOSMAS

NTB Care Jajaki Kerjasama dengan Kitabisa

272

NUSRAMEDIA.COM — Sebagai salah satu program unggulan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Nusa Tenggara Barat, NTB Care terus berupaya mengoptimalkan potensi menolong masyarakat yang membutuhkan.

Yakni dengan meneruskan informasi atau aduan masyarakat kepada pejabat atau instansi terkait, NTB Care kini tengah menjajaki kerjasama dengan Kitabisa di Bidang Kesehatan dan Sosial.

Kitabisa adalah platform galang dana dan donasi online terbesar di Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tercatat ribuan orang sudah menggalang dana untuk bantuan biaya pengobatan melalui Kitabisa.

“Kami berharap upaya fund rising bersama Kitabisa dan bekerjasama dengan NTB Care, warga yang tidak mampu bisa lebih banyak terbantu,” kata Abdul Azis selaku Ketua Tim NTB Care saat menggelar rapat bersama pihak Kitabisa secara daring, Selasa (26/4).

Baca Juga:  MXGP Sumbawa dan Lombok Disambut Baik

Dalam rapat tersebut, Abdul Azis yang juga merupakan Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan, Aparatur, Hukum, Politik dan Pelayanan Publik memaparkan beberapa kendala NTB Care dalam membantu masyarakat.

Diantaranya, belum tersedianya anggaran untuk membantu biaya penyeberangan rujukan pasien tidak mampu antar pulau di NTB, biaya pendampingan keluarga pasien, hingga hutang pasien tidak mampu di RS.

“Sehingga permasalahan tersebut diharapkan dapat tertangani dengan Kerjasama bersama Kitabisa” tutup Mantan Sekda Kabupaten Sumbawa Barat tersebut.

Baca Juga:  Tingkatkan Pelayanan, Bank NTB Syariah Gelar Pelatihan

Sementara itu, Gita, perwakilan dari Kitabisa mengharapkan NTB Care dapat menjadi penghubung anatara Kitabisa dan Rumah Sakit dan dapat mendampingi penyaluran dana yang akan diberikan.

Hal tersebut dikarenakan NTB Care adalah program unggulan Pemprov NTB yang terpercaya dan paling tahu kondisi lapangan di daerah tersebut.

“NTB Care dapat menjadi penghubung antara Kitabisa dan Rumah Sakit sebagai induk besar penerima bantuan. Selain itu NTB Care dapat menjadi pendamping selama penyaluran dana yang diberikan,” tutur Gita.

Gita juga menjelaskan, Kerjasama Kitabisa dengan Rumah Sakit akan memberikan banyak nilai plus di antaranya, Penyaluran Donasi Transparant.

Baca Juga:  Lalu Wira : "Impelementasi Pancasila Harus Jadi Rujukan Hukum di Indonesia"

Donasi yang terkumpul untuk membantu pasien disalurkan melalui rekenin rumah sakit sehingga lebih transparent. Selain itu dapat memberikan bantuan biaya pengobatan.

Kitabisa akan membantu mebuatkan campaign pasien-pasien yang direkomendasikan oleh RS. “Kitabisa juga akan membantu optimalisasi halaman galang dana pasien di sosial media untuk mengajak banyak orang berdonasi,” kata Gita.

Selama tahun 2022 periode Januari-Maret, NTB Care sendiri telah menerima 353 aduan di berbagai bidang dimana 187 di anataranya sedang dalam proses dan 127 lainnya telah berhasil diselesaikan. Aduan yang terbanyak datang di Bidang Kesehatan dan Dinas Sosial. (red) 

Artikel sebelumyaKELUARGA BESAR PT GNE : SELAMAT IDUL FITRI 1443 H
Artikel berikutnyaSeorang Nenek di KSB Ditemukan Meninggal Dunia di Tumpukkan Sampah