HEADLINE

Berkunjung ke Bima, Kepala BRIDA Ajak Manfaatkan Beasiswa NTB

Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Provinsi Nusa Tenggara Barat, Wirawan Ahmad. (Ist)

NUSRAMEDIA.COM — Mewakili Gubernur Nusa Tenggara Barat Zulkieflimansyah, Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) NTB, Wirawan Ahmad melakukan kunjungan kerja kesejumlah kampus di Kota dan Kabupaten Bima. Didampingi GM Geopark Tambora-Samota Bhiosphere Reserve Pulau Sumbawa Hadi Santoso, Kepala BRIDA NTB bersilaturahim dengan Rektor dan Jajaran Kampus Universitas Muhammadiyah (UM) Bima dan Institut Agama Islam Muhammadiyah (IAIM) Bima.

Kepala BRIDA Nusa Tenggara Barat saat melakukan kunjungan kerja dan disambut hangat oleh masyarakat di Bima.

Dikesempatan itu, Wirawan Ahmad menyampaikan maksud dan tujuan kunjungannya. Yakni untuk menyelaraskan program dikepemimpinan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB Zulkieflimansyah-Sitti Rohmi Djalilah (Zul-Rohmi). “Kunjungan kerja dan silaturahmi ini menyelaraskan program Gubernur Zul dan Ummi Rohmi dalam membangun NTB melalui peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM),” kata mantan Staf Ahli Gubernur NTB Bidang Ekonomi, Keuangan, Infrastruktur dan Pembangunan tersebut, Selasa (4/10) di Kota Bima.

Dijelaskan Wirawan, BRIDA didirikan sebagai bentuk dukungan terhadap program Industrialisasi di Provinsi NTB, dalam mewujudkan NTB Sejahtera dan Mandiri melalui program-program unggulan. “Brida menfasilitasi dan merangkul masyarakat untuk mandiri dengan berkolaborasi,” kata pria yang juga mantan Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kabupaten Sumbawa tersebut.

BRIDA NTB merupakan pengembangan dari Science, Technology and Industrial Park yang mana menjadi pusat penelitian/kajian di daerah, serta juga menjadi pusat pengembangan desain prototype inovasi di Provinsi NTB. Sebagai Badan Riset dan Inovasi Daerah pertama di Indonesia, pihaknya juga fokus dalam Industri Peralatan dan Permesinan, Layanan Penelitian, Beasiswa NTB atau 1000 cendikia, Rumah Bahasa NTB, Industrialisasi Unggul, Start-up NTB serta Edukasi Wisata.

Baca Juga:  Sumbawa Fokus Kembangkan "Wilal dan Dewi"

Oleh karenanya, dia menyatakan bahwa pihaknya siap memfasilitasi masyarakat NTB yang ingin masuk di dunia bisnis. “Kami juga siap menfasilitasi bagi siapa saja, baik perseorangan, UMKM atau institusi yang mau masuk ke dunia bisnis,” terang Wirawan. Pria kelahiran asal Sumbawa itu juga menegaskan, BRIDA sebagai mitra Perguruan Tinggi untuk mencetak SDM unggul, sehingga para anak muda atau mahasiswa dapat mengeyam pendidikan setinggi-tingginya.

Dimana Pemerintah Provinsi (Pemprov) dikepemimpinan Zul-Rohmi memiliki program unggulan yaitu Beasiswa NTB atau 1000 Cendekia. “Ini telah diamanatkan oleh pemerintahan Zul-Rohmi kepada pemerintah,” kata Wirawan. Dengan harapan, masih kata dia, dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas dalam mendapatkan manfaat dari program tersebut. “Agar dimanfaatkan seluas-luasnya dan mendapatkan manfaat sebaik-baiknya,” tegasnya lagi.

Menurut dia, kategori beasiswa yang ada diantaranya program beasiswa umum, yang dirancang untuk mengirim putra-putri terbaik NTB keluar negeri untuk menyelesaikan jenjang pendidikan S2 atau S3 dari berbagai jurusan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat atau dunia kerja. Pemprov NTB juga membantu persyaratan untuk dapat lolos mengikuti beasiswa ini. Seperti kendala bahasa, mahasiswa dapat mengikuti program di Rumah Bahasa NTB. Anak-anak muda dididik agar dapat memenuhi kompetensi.

“Hingga hari ini, ada 735 awardee yang sudah dikirim ke kampus-kampus seluruh dunia, dengan target 1000 (orang) selama 5 tahun. Selama kuliah semua kebutuhan ditanggung oleh beasiswa,” jelas Wirawan. Selanjutnya, Beasiswa Stimulan Unggulan (BS-U) adalah bantuan dana parsial bagi penyelenggara pendidikan di NTB, dan mahasiswa NTB pada PTS/PTN di Indonesia yang memenuhi persyaratan penerima bantuan.

Baca Juga:  Dispar NTB dan Bank NTB Syariah Gelar Pesona Khazanah Ramadhan 2024

“Beasiswa ini sifatnya parsial, salah satu komponennya ditanggung, biasa SPP, KKN atau salah satu kebutuhannya. Alhamdulillah, mahasiswa UM Bima dan IAIN juga ada yang memperoleh beasiswa ini. Insya Allah dalam waktu dekat akan masuk ke rekening masing-masing,” bebernya. Tak hanya itu, diungkapkan Wirawan, adapun Beasiswa Stimulan-Kerjasama (BS-K) merupakan beasiswa berprestasi. “Jadi Pemprov NTB bekerjasama dengan Perguruan Tinggi di NTB. Sifatnya juga parsial dan akan ada perjanjian kerjasama dengan kampus,” katanya.

Kemudian, sambung dia, ada pula Beasiswa Miskin Berprestasi NTB ditujukan bagi masyarakat asal NTB yang miskin dan/atau berprestasi akademik atau non akademik pada jenjang pendidikan D1, D2, D3, atau S1 pada PTS didalam Provinsi NTB. PTS penyelenggara BMB NTB adalah PTS yang terpilih berdasarkan persebaran demografi pada Kabupaten/Kota, dan memiliki Program Studi unggulan sebagai sasaran pembangunan daerah. “Saya harap, mulai sekarang adik-adik persiapkan diri, gantung cita-cita, tancapkan niat dan komitmen bahwa setelah lulus S1, ada mahasiswa disini yang mendapatkan beasiswa NTB,” demikian kata Wirawan dihadapan para mahasiswa.

KEHADIRAN PERWAKILAN PEMPROV NTB HARUS DIMANFAATKAN

Sementara itu, General Manager Geopark Tambora-Samota Bhiosphere Reserve Pulau Sumbawa Hadi Santoso mengatakan bahwa, kehadiran Kepala BRIDA NTB yang mewakili Gubernur NTB harus dimanfaatkan dengan baik. “Kita sudah memudahkan akses untuk bertemu langsung dengan perwakilan Pemprov, maka akses ini harus disambut dan ditindaklanjuti oleh kampus dan mahasiswa,” demikian pesan Hadi Santoso singkat.

Baca Juga:  Lalu Hadrian Irfani "Harga Mati"

PROGRAM BEASISWA NTB DIAPRESIASI

Kunjungan Gubernur yang diwakili Kepala BRIDA NTB nampaknya disambut antusiasi oleh pihak kampus dan mahasiswa di Bima. Bahkan mereka mengapresiasi atas kunjungan tersebut. “Kami merasa terhormat, Kepala Brida mengunjungi dan bersilaturahmi datang ke kampus kami,” kata Rektor Universitas Muhamadiyah Bima Ridwan mengapresiasi.

Pihaknya berharap kerjasama untuk beasiswa ini dapat diteruskan dan ditingkatkan ditahun berikutnya. Ini dinilainya menjadi penting demi membangun SDM unggul dan berkompetensi di NTB. Maka dari itu, Ridwan menyatakan kesiapan serta mendukung penuh dalam bersinergi dalam membangun NTB Gemilang. “Kami siap dan mendukung serta bersinergi untuk membangun NTB yang lebih gemilang,” tutupnya.

Selanjutnya Rektor Institut Agama Islam (IAI) Muhammadiyah Bima yang diwakili Pembantu Rektor III Ihlas menyatakan hal senada. Pihaknya juga berharap beasiswa untuk kampusnya agar lebih ditingkatkan lagi kedepan. Ihlas menegaskan, pihaknya juga sangat mendukung dan mengapresiasi dengan hadirnya Program Beasiswa NTB tersebut. “Kami sangat mendukung dan mengapresiasi Program Gubernur NTB, menginvestasikan pendidikan bagi generasi muda NTB,” pungkasnya.

Sekedar informasi, usai bertemu dan berdialog dengan mahasiswa di kampus tersebut, Kepala BRIDA NTB juga menghadiri serta menemui para mahasiswa STIPAR Soromandi Bima. Kemudian STKIP Harapan Bima sekaligus menghadiri pula acara Audisi Golden Talent Hunt Area NTB diwilayah Kecamatan Soromandi, Kabupaten Bima lingkup Provinsi Nusa Tenggara Barat. (red)