HEADLINE

Hadiri HUT KSB ke 20, HMS Apresiasi Capaian Prestasi Luar Biasa : “Sumbawa Barat Juara”

Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi PAN dari Dapil NTB 1 Pulau Sumbawa, Dr. H. Muhammad Syafrudin, ST, MM. (Ist)

NUSRAMEDIA.COM — Anggota DPR RI Dapil NTB 1 Pulau Sumbawa, Dr. H. Muhammad Syafrudin (HMS) menghadiri Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) yang ke 20.

Upacara peringatan HUT KSB ke 20 ini berlangsung tepatnya di Graha Fitrah lingkup Kantor Bupati Sumbawa Barat, kemarin. Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) tersebut mengapresiasi capaian prestasi yang diraih KSB selama ini.

Capaian ini, menurut HMS, tentunya tidak lepas dari peran besar Pemerintah Daerah (Pemda) serta seluruh elemen masyarakat KSB. “Pembangunan Kabupaten Sumbawa Barat berlandaskan pada Nilai, Norma dan Semangat Gotong Royong dengan Visi Mewujudkan KSB baik,” ujarnya.

Baca Juga:  PKS Raih Kursi Ketua DPRD Sumbawa

“Dengan berlandaskan Gotong Royong untuk mewujudkan Misi KSB Baik dalam akhlak dan daya saing sumber daya manusia,” sambung anggota DPR RI tiga periode tersebut. Diungkapkannya, bahwa HUT KSB ke 20 mengangkat tema : “Sumbawa Barat Juara”.

Ditegaskannya, bahwa kata juara tidak hanya berkenaan dengan prestasi, tetapi lebih dari pada itu. Dimana kata juara mengandung makna semangat, etos kerja, kreatifitas, inovasi, kompetitif, dan pola pikir progresif yang dimiliki oleh masyarakat Kabupaten Sumbawa Barat dalam meraih cita-cita dan harapan.

Baca Juga:  Parpol Koalisi AMIN "Sapu Bersih" Kursi DPR RI Dapil NTB 1

“Semangat juara tersebut telah mampu diwujudkan dalam beberapa prestasi yang telah diraih pada tahun 2023 yaitu diantaranya, capaian penurunan angka kemiskinan KSB di tahun 2023,” tutur HMS.

Ini dijelaskannya, berdasarkan rilis BPS, kemiskinan di KSB berada pada angka 13,02 % tahun 2022, dan turun menjadi 12,95 ye di tahun 2023. “Hal tersebut menempatkan KSB sebagai salah satu dari 5 (lima) kabupaten/kota yang mengalami penurunan angka kemiskinan tahun 2023 di propinsi NTB,” terangnya.

Baca Juga:  Sejumlah Ketua Parpol Datangi Polda NTB

Oleh karenanya, dalam penanganan persoalan inflasi daerah, Kabupaten Sumbawa Barat menjadi satu-satunya Kabupaten/Kota di Provinsi NTB yang mendapatkan apresiasi dari pemerintah pusat. “Ini capaian yang sangat luar biasa dan harus di pertahankan,” demikian HMS. (red)