ADVERTORIAL

Jejak Langkah Program Beasiswa NTB 1000 Cendekia : “Selamat dan Sukses 4 Tahun Kepemimpinan Zul-Rohmi”

193

NUSRAMEDIA.COM — Keseriusan dan kepedulian Gubernur dan Wakil Gubernur NTB, Zulkieflimansyah-Sitti Rohmi Djalilah (Zul-Rohmi) terhadap masyarakatnya patut diapresiasi, terlebih dalam dunia pendidikan. Betapa tidak, memasuki ditahun keempat kepemimpinan Zul-Rohmi, melalui Program Beasiswa NTB 1000 Cendekia nampaknya telah mengirimkan cukup banyak awardee ke luar negeri hingga saat ini. Beasiswa NTB adalah salah satu Program Unggulan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Nusa Tenggara Barat, yang mana bertujuan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di NTB. Putra-putri NTB yang berprestasi, dikirim dan dibiayai ke luar negeri untuk melanjutkan studinya. Baik itu untuk jenjang S1, S2 maupun hingga S3 sekalipun. Tentunya hal ini menjadi jejak langkah positif dalam mewujudkan NTB Gemilang.

Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) NTB, Wirawan Ahmad mengungkapkan jumlah awardee yang telah diberangkatkan ke luar negeri melalui program Beasiswa NTB 1000 Cendekia, yaitu mencapai 730 orang. Dari jumlah tersebut, mereka tersebar diberbagai negara lingkup Asia maupun Eropa. “Berdasarkan data awardee beasiswa NTB sejak 2018-2022, ada sekitar 730 orang yang telah diberangkatkan,” ujarnya tepat ditahun ke-IV kepemimpinan Zul-Rohmi, Senin (19/9) di Mataram. Dirincikan Wirawan Ahmad, untuk kategori A dan B tujuan Malaysia ada 359 awardee, Polandia 161 awardee, China 28 awardee, Sudan 14 awardee, Ceko 12 awardee, Taiwan 9 awardee, Rusia 4 awardee dan Hungaria 1 awardee. “Sedangkan kategori C tujuan Malaysia 58 awardee, Korea 35, Polandia 25, Taiwan 9, Thailand 8, Australia 5 sedangkan China dan Singapura masing-masing 1 awardee,” ungkap mantan Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi Keuangan Infrastruktur dan Pembangunan ini.

Baca Juga:  Johan Salurkan Puluhan Ton Bibit Jagung Untuk 9 Kecamatan di Bima

Tak hanya itu, Pemprov dibawah pemerintahan Zul-Rohmi juga memberikan kesempatan yang sama bagi putra-putri terbaik NTB di dalam negeri. Hingga saat ini, penerima beasiswa NTB dalam negeri telah mencapai ribuan orang. Gubernur NTB, kata mantan Kepala BPKAD Kabupaten Sumbawa itu, selalu menyampaikan, bahwa investasi terbaik adalah pendidikan. Dimana investasi tersebut tidak akan pernah lekang oleh zaman. “Seperti yang disampaikan Pak Gubernur, bahwa investasi kita di dunia pendidikan tidak akan lekang oleh zaman,” ujar pria yang dikenal santun dan ramah tersebut mengutip pernyataan Gubernur NTB. Diharapkan, dengan pendidikan yang baik, akan ada cara-cara baru bagi masyarakat, khususnya para putra putri NTB dalam menyikapi hidup kedepannya. “Sehingga mereka akan mampu mengalir sampai jauh,” demikian Wirawan Ahmad.

MEREKA UCAP TERIMAKASIH KEPADA ZUL-ROHMI

Program Beasiswa NTB 1000 Cendekia disambut baik, bahkan sangat diapresiasi oleh masyarakat. Terutama para penerima beasiswa. Selain berterimakasih, mereka juga mengucapkan selamat atas kepemimpinan Zul-Rohmi yang keempat tahunnya. Mega Nisfa Makhroja-Awardee Beasiswa NTB angkatan I tujuan Polandia. Menurut dia, program Beasiswa NTB 1000 Cendekia adalah hal yang luar biasa. Selama diluar negeri, dinilainya telah banyak memberikan pembelajaran dan pengalaman sangat berharga. “Untuk Pak Gubernur dan Ibu Wakil Gubernur NTB yang kami banggakan, selamat dan sukses atas empat (4) tahun kepemimpinan bapak ibu. Cita-cita dan dedikasi bapak dan ibu untuk pendidikan dan pembangunan SDM di NTB sungguh luar biasa,” ucapnya. “Seribu (bahkan lebih) cendekia yang lahir selama kepemimpinan bapak ibu akan siap mengabdi membangun NTB tercinta. Pelan tapi pasti, kami akan berkontribusi positif, dimanapun kami berada,” tambah Mega Nisfa Makhroja.

Baca Juga:  Demi Rasa Keadilan, LPBH PWNU NTB Turun Gunung Bantu Warga KSB

Kemudian Abdul Khalik salah seorang penerima beasiswa 2019 tujuan Universiti Tehnikal Malaysia Melaka (UTeM). Ungkapan senada dengan Mega, dia menyampaikan selamat atas empat tahun kepemimpinan Zul-Rohmi. Selain itu, ia juga mengucapkan terimakasih kepad Pemprov NTB dalam hal Zul-Rohmi. “Terimakasih kepada Pemprov NTB yang telah memberikan kesempatan melanjutkan kuliah jenjang Master. Sesuatu yang tidak pernah ada dalam mimpi saya selama hidup,” ucapnya. Selanjutnya atas nama Zahrah selaku penerima beasiswa lainnya. Demi melanjutkan pendidikan, ia mengaku harus rela meninggalkan pekerjaannya di Jakarta saat itu. “Bagi akan yang lahir dari ekonomi bekecukupan di Kota Mataram, beasiswa NTB menjadi kesempatan emas yang tidak boleh saya sia-siakan untuk mewujudkan satu persatu mimpi saya. Salah satunya adalah berkuliah diluar negeri,” ungkapnya.

Baca Juga:  Mori Hanafi Maju DPR RI?

“Pengorbanan waktu dan tenaga tidak boleh diremehkan, karena itu adalah investasi yang sangat berharga. Beasiswa NTB menurut adalah program yang bagus memberikan jembatan anak muda mempersiapkan diri lebih baik,” sambungnya. Adapun Mila Septian Haryati salah satu awardee Beasiswa NTB 2019 yang berkuliah di Universitas Pendidikan Sultan Idris, Malaysia. Seperti yang lainnya, dia juga menyampaikan terimakasih dan selamat atas 4 tahun kepemimpinan Zul-Rohmi. “Alhamdulillah, saya bersyukur menjadi bagian anak NTB penerima beasiswa dari Gubernur NTB. Terimakasih Pak Gubernur dan Wakil Gubernur NTB,” demikian Mila Septian Haryati. Bukran yang juga salah satu awardee mengaku bangga dapat meraih cita-cita dengan segala proses. Terlebih ia juga merasa bangga turut serta menyukseskan apa yang menjadi harapan bersama. “Merasa berbangga bisa meraih cita-cita dengan segala proses yang tidak untuk diri sendiri, tapi ikut juga berpartisipasi menyukseskan cita-cita daerah NTB Gemilang,” tutupnya sigkat. (*) 

Artikel sebelumyaWisudawan Berprestasi Terima Penghargaan dari Bank NTB Syariah
Artikel berikutnyaMahalli-Farin Makin Kompak