HEADLINE

KPU NTB Luncurkan Maskot dan Tahapan Pilkada 2024

Acara peluncuran Maskot dan Tahapan Pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur NTB 2024 yang berlangsung di Teras Udayana, Jln Udayana, Kota Mataram berlangsung sukses dan meriah. Masyarakat pun nampak sangat antusias mengikuti acara tersebut. (Ist)

NUSRAMEDIA.COM — Jum’at malam 10 Mei 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Nusa Tenggara Barat secara resmi meluncurkan Maskot dan Tahapan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) NTB 2024.

Kegiatan yang berlangsung di Teras Udayana, Jln Udayana lingkup Kota Mataram tersebut dihadiri berbagai elemen. Bahkan nampak masyarakat sangat antusias mengikuti acara sosialisasi yang digelar oleh KPU Provinsi NTB ini.

“Kami dari KPU Provinsi NTB melaksanakan kegiatan peluncuran sebagai bentuk kesiapan kami melaksanakan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB (2024),” kata Muhammad Khuwailid selaku Ketua KPU Provinsi NTB.

Dikatakannya, bahwa dalam kegiatan ini pihaknya lebih menghadirkan hiburan yang bernuansa lokal. Mulai dari tarian hingga group band lokal ternama yaitu Amtenar. “Kami persembahkan nilai-nilai lokal yang ada di NTB,” ujarnya.

Baca Juga:  Wabup Sumbawa Optimis Angka Stunting Turun di 2024

“Kami tidak mengundang artis-artis level naaional, tapi kami bekerjasama dengan seluruh elemen di Nusa Tenggara Barat,” sambung mantan Ketua Bawaslu Provinsi NTB dua periode tersebut.

Oleh karenanya, diungkapkan Muhammad Khuwailid, bahwa dalam kesempatan ini pihaknya tidak hanya melakukan peluncuran tahapan Pilgub NTB, namun juga meluncurkan maskot.

“Kami dalam memilih icon atau maskot untuk pelaksanaan pemilihan gubernur/wakil gubernur ntb mengambil maskot satu jenis burung, yaitu burung cepuk rinjani. Karena keberadaannya sudah hampir punah,” jelasnya.

“Kedua, kami juga menampilkan tarian asmaran dana yang artinya api asmara atau cinta yang menggebu-gebu. Semoga dengan spirit itu, pemilihan gubernur/wakil gubernur dipenuhi dengan cinta dan kasih,” sambungnya.

Baca Juga:  Aktivis Galang Dukungan Untuk Karman

Tak hanya itu, Muhammad Khuwailid juga menegaskan bahwa Pilkada bukan hanya milik partai politik (parpol) atau penyelenggara pemilu. “Tapi (milik) semuanya. Kami titip harapan kepada seluruh pemilih (untuk ikut serta menyukseskan Pilgub NTB 2024),” demikian.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Gubernur NTB H. Lalu Gita Ariadi mengapresiasi aparat keamanan serta penyelenggara, yakni dalam hal ini KPU dan Bawaslu. “Luar biasa antusiasme masyarakat yang mengikuti proses/tahapan pemilihan gubernur dan wakil gubernur,” ucapnya.

“Selamat bekerja KPU, Bawaslu dan rekan-rekan keamanan (TNI/Polri). Mudah-mudahan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur NTB berjalan aman, lancar dan terlaksana riang gembira,” tutupnya.

Baca Juga:  NTB Dorong Transformasi Ekonomi Melalui Industrialisasi

Masih dikesempatan yang sama, Deputi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU RI Eberta Kawima mengaku bangga dengan peluncuran yang diadakan oleh KPU Provinsi NTB.

“Peluncuran ini bagian dari sosialisasi. Ini harus dilakukan terus menerus secara masif kepada seluruh masyarakat NTB. Karena Pilkada itu ada partisipasi masyarakat,” kata Eberta Kawima.

Diharapkan pula agar pelaksanaan Pilkada bisa berjalan dengan damai dan lancar. Kerjasama semua pihak menjadi kunci suksesnya penyelenggaraan pesta demokrasi lima tahunan ini.

“(Diharapkan) bisa dilaksanakan dengan sejuk, damai, lancar, dan kondusif. Selamat kepada KPU NTB telah melakukan peluncuran Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubenur NTB,” pungkasnya. (red)