HEADLINE

Lanjutan Proyek Samota, Jalan 1,6 Kilometer dan Tujuh Jembatan Dibangun

Asisten II Setda Sumbawa, Lalu Suharmaji. (Ist)

NUSRAMEDIA.COM — Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Sumbawa akan menuntaskan lanjutan pembangunan ruas jalan di Samota pada tahun 2024 ini.

“Alhamdulillah kita mendapatkan lanjutan pembangunannya. Yaitu ada sekitar 7 buah jembatan yang akan dibangun, dan jalan sekitar 1,6 kilometer,” kata Lalu Suharmaji.

Menurut Asisten II Setda Sumbawa itu, dengan pembangunan 7 jembatan dan 1,6 km jalan tersebut, maka pembangunan akses jalan Samota sepanjang 24,7 km sudah tuntas.

“Dan kita perkirakan nanti pada awal tahun 2025 akan jadi kado HUT ke-65 Kabupaten Sumbawa. Alhamdulillah nanti bisa tuntas,” ujarnya.

Baca Juga:  Tiga Jatah Kursi DPR RI Dapil NTB 1 Berpotensi "Dibungkus" PKB, PKS dan NasDem

Adapun total anggaran yang didapat dari pemerintah pusat, diperkirakan sekitar Rp120-an miliar. “Disitu juga ada icon yang akan terbangun disitu nanti,” jelasnya.

“Jadi Samota punya dua icon. Pertama Jembatan Lengkung yang ada diruas awal dan nanti di Limung akan terbangun Jembatan Kerangka baja terpanjang di NTB yaitu 240 meter,” ungkapnya.

Dengan demikian lanjut dia, ruas jalan samota akan memiliki dua icon yang luar biasa yang tentunya harus disyukuri. Karena nanti diakses jalan tersebut pada saat sore hari pemandangannya yang luar biasa.

Baca Juga:  Wabup Sumbawa Serahkan Bantuan Untuk Korban Banjir Buer

Terlebih pemandangan Teluk Saleh dan background Gunung Rinjani di Pulau Lombok. Bahkan dengan cuaca terang Gunung Agung bisa terlihat juga Tambora di sebelah timur.

“Soal pelabuhan kita sudah lima tahun mengusulkan pembangunan pelabuhan di Limung. Namun inisiasinya di pihak provinsi. Kita tetap menghidupkan itu, Karen lahan kita sudah siap sekitar 1 hektare di Limung,” tuturnya.

Harapannya, agar pembangunan jembatan dan jalan Samota tersebut mendapat dukungan dari semua pihak. Karena dampaknya bagi ekonomi dan masyarakat yang luar biasa.

Baca Juga:  Parpol Koalisi AMIN "Sapu Bersih" Kursi DPR RI Dapil NTB 1

Lebih jauh disampaikannya, bahkan masyarakat yang memiliki lahan di situ, otomatis akan banyak investor yang masuk. “Karena sudah ada akses jalan yang luar biasa bagus,” pungkasnya. (red)